Operasi Lilin Toba 2018, Ini Penyampaian Kapolres Asahan

Kapolres Asahan AKBP Faisal Napitupulu saat menyematkan pita kepada tim Operasi Lilin Toba 2018.

Asahan, Lintangnews.com | Apel pasukan Operasi Lilin Toba 2018 digelar Polres Asahan dalam rangka pengamanan Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Ady Pradana, Jumat (21/12/2018).

Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitupulu saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menuturkan, pelaksanaan operasi ini menyangkut aspek personil, sarana prasarana pendukung, serta keterpaduan unsur lintas sektoral guna mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban (kamtibmas) yang aman dan kondusif.

Namun tidak terlepas agar para personil yang bertugas tetap dapat meningkatkan kewaspadaan.

Enam poin penting yang dirasakan Kapolri sangat perlu ditekankan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh personil yang bertugas, di antaranya pemetaan seluruh potensi kerawanan di masing-masing wilayah.

Yaitu dengan penentuan cara dalam melakukan tindakan tepat melalui penyusunan rencana operasi yang matang.

“Di antara 6 poin itu agar kepada seluruh personil yang bertugas dalam pengamanan tetap tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di pusat keramaian seperti, tempat ibadah dan tempat-tempat lainnya,” ujar Kapolres.

AKBP Faisal menuturkan, caranya melakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi sweeping oleh organisasi kemasyarakatan (ormas).

Dia menambahkan, apabila tetap terjadi maka dilakukan tindakan tegas yang propesional.

Selanjutnya, optimalkan penggelaran anggota di tengah-tengah masyarakat, serta melakukan terobosan kreatif melalui rekayasa lalu lintas, guna mengurangi kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Seterusnya memakai peran Satuan Tugas (Satgas) Pangan di masing-masing daerah. Ini guna mewujudkan stabitas harga pangan dan menggandeng instansi terkait, dengan memperkuat sinergitas polisional bersama seluruh stake holder terkait lain untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, maupun semua pihak yang terlibat dalam mendukung penyelenggaraan Operasi Lilin 2018.

“Saya mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya semoga pengabdian dan kerja keras yang telah kita lakukan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” pungkas mantan kapolres Nias itu.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat yang berpergian, baik merayakan Hari Natal dan Tahun Baru yang bersamaan dengab libur sekolah agar menitipkan pengawasan rumah kepada tetangga terdekat.

“Untuk di Asahan, kita sudah siap melakukan pengamanan. Namun juga menghimbau bagi pengguna kendaraan melengkapi surat-surat dan mengecek keamanan berkendara, sehingga di hari libur tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Begitu juga dengan rumah yang ditinggal pergi dalam keadaan aman,” sebut AKBP Faisal.

Diketahui operasi itu akan dilaksanakan terhitung mulai 23 Desember 2018-1 Januari 2019, melibatkan 212 personil terdiri dari Polri sebanyak 113 orang, TNI 68 orang dan 31 orang dari instansi lain terkait, serta komponen masyarakat lainnya.

Sementara untuk seluruh Indonesia, Polri bersama jajaran TNI dan stake holder melibatkan 167.783 orang personil melakukan pengamanan selama 10 hari. Sedangkan untuk 13 Kepolisian Daerah (Polda) diprioritaskan akan digelar selama 12 hari. (heru)