Pahala Sitorus : Sungai Bahilang harus Segera Dinormalisasi

Ketua Komisi 3 DPRD Tebingtinggi, Pahala Sitorus bersama Kadis PUPR, Mia Harahap, Lurah Mandailing dan Lurah Bandar Sono serta warga meninjau Sungai Bahilang.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Ketua Komisi 3 Kota Tebingtinggi, Pahal Sitorus menilai, normalisasi Sungai Bahilang harus secepatnya dilaksanakan.

Menurut Pahala, jika sebelumnya pada bulan November 2018 lalu, Kepala Dinas (Kadis) PUPR Pemko Tebingtinggi sudah sepakat untuk melakukan normalisasi, sesuai hasil peninjauan ke sungai.

“Saya juga sudah menunggu di pinggiran Sungai Bahilang bersama Lurah dan masyarakat. Namun disayangkan setelah ditunggu beberapa jam, alat berat excavator tak kunjung datang karena rusak,” sebut Pahala, Jumat (8/3/2019).

Dirinya juga sudah mendesak Kepala Dinas PUPR supaya segera melakukan perbaikan excavator merk Caterpillar tersebut. Namun menurut Kadis PUPR, setelah dilakukan pemeriksaan oleh teknisi Caterpillar, biaya perbaikannya mencapai Rp 900 juta.

Menyahuti keluhan warga Kelurahan Mandailing dan Bandarsono, Kecamatan Tebingtinggi Kota dan Kelurahan Bandar Sono, Kecamatan Padang Hulu yang kerap menjadi korban banjir, Pahala menyatakan, pihaknya telah melakukan peninjauan ke aliran Sungai Bahilang beberapa waktu lalu.

“Peninjauan melibatkan Kadis PUPR, Mia Harahap, Lurah Mandailing dan Lurah Bandar Sono, serta beberapa warga. Dari hasil peninjauan, penyebab banjir yang melanda di sekitar warga Sungai Bahilang dikarenakan menyempitnya aliran sungai, sehingga harus segera dinormalisasi,” tegas Pahala.

Dirinya meminta kepada Pemko Tebingtinggi dalam hal ini Kadis PUPR harus segera melalukan normalisasi Sungai Bahilang tanpa harus tergantung dengan excavator.

“Pemerintah harus mengambil kebijakan untuk normalisasi Sungai Bahilang untuk mengatasi banjir yang kerap melanda masyarakat sekitar,” tegasnya. (purba)