Panen Raya Padi, Plt Bupati Asahan Ajak Pertahankan Lahan Pangan

Panen raya di lokasi persawahan di Desa Serdang, Kecamatan Meranti, Asahan.

Asahan, Lintangnews.com | Pemkab Asahan melalui Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, Surya didampingi Anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan XIII, Sekretaris Daerah (Sekda), Taufik ZA, Ketua Partai Demokrat Asahan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat setempat dan Kepala Desa (Kades) melakukan panen raya di lokasi persawahan di Desa Serdang, Kecamatan Meranti, Sabtu (24/8/2019).

Ada pun luas lahan pertanian di Kecamatan Meranti berjumlah sekitar 2.200 hektar. Pada hari itu dilakukan pemanenan seluas 457 hektar lahan pertanian padi di Desa Serdang dan  merupakan panen pertama di tahun 2019 untuk Kecamatan Meranti.

Darma Ginting selaku Camat Meranti mewakili masyarakat setempat mengucapkan terima kasih pada Pemkab Asahan, karena telah menambah debit air Sungai Bunut.

“Ditambahnya debit air sungai ini, maka hasil panen masyarakat Kecamatan Meranti bertambah,” ucapnya.

Sementara itu Plt Bupati, Surya berharap agar kepada petani di Asahan mempertahankan lahan pangan, dan bila ada permasalahan di lapangan dapat berkordinasi pada dinas terkait.

“Kalau ada permasalahan segera berkoordinasi dengan dinas terkait hingga dapat memfasilitasinya,” ujar Surya sembari mengajak untuk tidak melakukan alih fungsi lahan pertanian.

Surya menuturkan, khususnya lahan sawah ini seperti yang diatur dalam UU Nomor 41 Tahun 2019 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengaturan Pemanfaatan Lahan Sawah dalam Kabupaten Daerah Tingkat II Asahan.

Hinca Panjaitan dalam arahannya mengatakan, Asahan merupakan salah satu lumbung padi di Indonesia dari dulu sampai saat ini.

“Kepada masyarakat Asahan agar dapat beralih fungsi lahan. Dari lahan kelapa sawit menjadi lahan pertanian,” sebutnya.

Hinca Panjaitan juga menuturkan, Pemkab Asahan dapat menaikan debit air Sungai Bunut agar produksi padi di Kecamatan Meranti dapat meningkat, maka kembangkan pertanian di Asahan. (Heru)