Pemerintah Didesak Segera Tuntaskan Asap di Riau yang Bahayakan Kesehatan Masyarakat

May Luther Dewanto Sinaga.

Riau, Lintangnews.com | Akibat kebakaran lahan dan hutan di Riau menyebabkan sejumlah wilayah diselimuti asap.

Asap ini hampir menyelimuti keseluruhan wilayah di Riau. Hal ini menyebabkan warga Riau resah, karena sudah sekitar 3 hingga 4 Minggu asap tak kunjung hilang.

Seperti yang diungkapkan salah satu masyarakat Riau, May Luther Dewanto Sinaga, Jumat (13/9/2019).

“Kami sebagai masyarakat Riau tidak nyaman tinggal di daerah sendiri akibat dari asap itu. Dan asap ini sudah cukup lama menyelimuti daerah kami, sehingga membuat kami tidak pernah lagi menghirup udara segar,” sebutnya.

Melihat situasi tersebut, May Luther berharap pemerintah dapat mengambil tindakan cepat dan tepat, agar masyarakat Riau tidak terlalu lama menikmati asap yang tidak baik bagi kesehatan.

“Akibat asap ini, kami (masyarakat Riau) rentan terkena penyakit terutama di bagian pernapasan, misalnya ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Selain itu, sudah ada sejumlah arga yang asmanya kambuh akibat terlalu lamanya asap itu ada di daerah kami,” ungkap May Luther.

Berdasarkan hasil pemantauan Badan Meterologi Klimatologi Geofisika (BMKG), kualitas udara di beberapa wilayah di Riau beranjak ke level tidak sehat. Konsentrasi PM10 (µgram/m3) udara bahkan sudah mencapai diatas angka 200 di siang hingga sore hari.

“Setiap harinya asap semakin menyebar bahkan hingga masuk ke dalam rumah-rumah warga. Pemerintah harus segera tuntaskan persoalan asap ini yang akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat, khususnya di Riau,” tutup May Luther. (rel)