Pemkab Asahan akan Siapkan Gedung Isolasi Pasien Covid-19

Kepala Dinas Kominfo Pemkab Asahan, Rahmad Hidayat Siregar.

Asahan, Lintangnews.com | Pemkab Asahan akan menyediakan gedung isolasi untuk pasien Covid-19 atau Virus Corona, apabila angka yang terjangkit terus bertambah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Komunikasi (Kominfo) Pemkab Asahan, Rahmad Hidayat Siregar mengatakan, penyediaan gedung isolasi untuk mengantisipasi jika ruangan isolasi di RSUD HAMS Kisaran tidak dapat menampung pasien Covid-19, sehingga ada gedung lain yang telah dipersiapkan

“Kita harus mempersiapkan dan mengantisipasinya. Ini bentuk keseriusan Pemkab Asahan menangani Covid-19 dan kita tetap menginginkan angka pasien terus menurun,” ujarnya, Kamis (15/10/2020).

Juru Bicara Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Asahan ini juga menghimbau masyarakat agar selalu menaati protokol kesehatan yang sudah ada, seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak.

Namun Rahmad mengakui, angka pasien Covid-19 di Asahan terus meningkat hingga 219 orang.

“Peningkatan terjadi setelah dilakukannya swab test pada tenaga medis kita, baik di RSUD hingga tingkat Puskesmas,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Elfina Tarigan membenarkan, pihaknya berupaya menyediakan gedung isolasi bagi masyarakat yang terpapar Covid-19 dan Orang Tanpa Gejala (OTG), sehingga isolasi mandiri tidak dilakukan di rumah.

“Untuk gedung isolasi lagi kita bahas dan fasilitas yang direncanakan seperti dimiliki Rumah Sakit (RS), sehingga pasien tertangani secara baik,” paparnya. (Heru)