Pemkab Asahan Gelar Forum OPD Terkait Digitalisasi Birokrasi

Bupati Asahan, Surya menyampaikan kata sambutannya.

Asahan, Lintangnews.com | Bertempat di aula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP), Bupati Asahan, Surya membuka kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kelompok Digitalisasi Birokrasi, Kamis (18/3/2021).

Forum itu digelar untuk penyusunan rencana program kerja bidang digitalisasi birokrasi sejalan dalam mendukung visi misi Bupati Asahan.

Dalam sambutannya, Surya menjelaskan mengenai strategisnya kegiatan ini untuk mensinergikan program prioritas di bidang digitalisasi birokrasi yang merupakan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) rencana kerja (renja) perangkat daerah.

“Kegiatan ini sangat strategis, karena berkaitan dengan pelaksanaan program prioritas yang pertama di bidang digitalisasi birokrasi bagi setiap OPD. Ini sebagai upaya menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang efektif inovatif profesional dan akuntabel di Kabupaten Asahan,” ucap Bupati.

Dia juga mengatakan, birokrasi merupakan kultur baru yang dapat memangkas birokrasi yang memakan banyak waktu, tenaga dan biaya. Dengan demikian, menimbulkan tantangan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memberikan pelayanan yang semakin cepat, praktis, mudah dan sederhana, serta responsif.

“Prinsip dasar yang harus diingat adalah muara dari semua upaya digitalisasi birokrasi ini peningkatan kualitas pelayanan publik yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Harapannya dapat meningkatkan transparansi dan kemudahan informasi publik dalam pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Rahmad Hidayat Siregar sebagai pembicara menjelaskan, perlunya pengembangan teknologi dan informasi publik di Pemkab Asahan, dengan tujuan untuk percepatan layanan dan memangkas alur birokrasi khususnya di masa pandemi Covid-19 ini, sehingga dapat cepat melayani masyarakat.

“Program prioritas yang menjadi fokus perhatian Dinas Kominfo Pemkab Asahan di bidang digitalisasi birokrasi, di antaranya KTP tangguh, perizinan online, bayar pajak/retribusi online, pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pendaftaran pasien Rumah Sakit (RS), pendaftaran siswa, Asahan Satu Pintu dan hal-hal lain yang berkaitan dengan informasi publik,” ungkapnya.

Rahmad menegaskan, Dinas Kominfo sebagai fasilitator siap mendukung dan memfasilitasi apa pun yang berkaitan dengan penyebaran informasi publik dan pembuatan aplikasi di setiap OPD, guna meningkatkan inovasi digitalisasi di Asahan. (Heru)