Pemkab Asahan Gelar RKPD Dihadiri Asisten Administrasi Pemprovsu

Pelaksanaan Musrebang RKPD Pemkab Asahan tahun 2022.

Asahan, Lintangnews.com | Pemkab Asahan menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, Selasa (30/3/2021) bertempat di Aula Melati kantor Bupati Asahan.

Kegiatan itu dihadiri Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), Fitriyus, Bupati, Surya, Wakil Bupati, Taufik Zainal Abidin Siregar, Ketua DPRD, Baharuddin Harahap dan Foroum Koodinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Fitriyus mengatakan, tema RKPD Provinsi Sumut tahun 2022 yakni ‘Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Kehidupan Bermasyarakat’, dengan prioritas pembangunan diarahkan pada peningkatan kesempatan kerja dan berusaha, peningkatan akses dan mutu pendidikan

Lalu konektivitas antar pusat pertumbuhan wilayah dan pusat produktivitas, peningkatan sarana dan prasarana layanan kesehatan, peningkatan nilai tambah sektor agraris, peningkatan nilai tambah sektor parawisata, peningkatan pelayanan sosial kemasyarakatan dan olahraga, regoemasi birokrasi, tata kelola pemerintahan dan layanan publik.

“Untuk itu kami meminta kepada Pemerintah Kabupaten/Kota agar dalam penyusunan prioritas pembangunan RKPD tahun 2022 didasarkan pada prioritas pembangunan dalam RPJM nasional tahun 2020-2024. Ini diselaraskan dengan RPJMD Provinsi/Kabupaten/Kota, serta mengacu pada rancangan RKP dan Rancangan RKPD Provinsi Sumut tahun 2022,” ujar Fitriyus.

Bupati Surya mengatakan, tujuan pelaksanaan musrenbang RKPD Asahan tahun 2022 untuk membahas Rancangan RKPD Kabupaten Asahan 2022 guna penyempurnaan rancangan awal RKPD berdasarkan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah dan hasil penelaahan terhadap RKPD Provinsi, RKP dan program strategis nasional

“Tema musrenbang RKPD kita tahun ini adalah percepatan pemulihan ekonomi melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur publik menuju Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter,” ujarnya.

Surya juga menyampaikan, 10 program prioritas yang telah disusun pada saat kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 dan akan dijadikan acuan dalam melaksanakan roda pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan.

Yaitu, digitalisasi birokrasi, SDM tangguh, ekonomi mandiri, Asahan sehat, Asahan cerdas, infrastruktur kuat, Asahan religius, lingkungan berbasis partisipatif, Asahan go wisata dan Asahan perang Covid-19.

“Saya berharap kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan 10 program prioritas itu dapat mencermati apa yang telah menjadi janji-janji politik kami pada saat Pilkada lalu. Saya akan melakukan penilaian dan evaluasi terhadap masing-masing dokumen perencanaan yang saudara susun di tingkat perangkat daerah,” ucapnya.

Dia juga mengatakan, Pemkab Asahan akan terus berupaya melakukan perbaikan dan pembenahan pada segala aspek pembangunan guna mewujudkan Kabupaten Asahan menjadi lebih baik.

Surya juga berharap, semoga kegiatan musrenbang ini dapat merumuskan prioritas kegiatan pembangunan yang menjadi kesepakatan dan akan mencerminkan upaya optimalisasi. Ini dalam mengakomodir perkembangan kebutuhan layanan kepada masyarakat, dengan mengedepankan azas efisiensi dan efektivitas. (Heru)