Pemkab Asahan Gelar Sosialisasi Peraturan Tanah, Ini Tujuannya

Kegiatan sosialisasi Peraturan Tanah Tahun 2019.

Asahan, Lintangnews.com  | Pemkab Asahan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) melaksanakan sosialisasi Peraturan Pertanahan Tahun 2019, Rabu (6/3/2019) di Aula Melati Kantor Bupati Asahan Jalan Sudirman, Kisaran.

Kepala lintangnews.com, Jumat (8/3/2019), Ketua Panitia Sosialisasi Peraturan  Pertanahan, M Azmy Ismail mengatakan, tujuan sosialisasi untuk menyamakan persepsi antara Pemkab  Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan dalam memahami dan mengetahui Peraturan Pertanahan.

Selanjutnya dipergunakan dalam mengambil langkah-langkah strategis menangani permasalahan kasus pertanahan di tempat tugas.

Azmy menyampaikan, para peserta terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Inspektorat, Bagian Hukum Setdakab Asahan, Pemerintah Kecamatan dan Desa serta Dinas Perkim.

Sementara narasumber yakni, Sekretaris Daerah (Sekda) Taufik Zainal Abidin, Pejabat Biro Pemerintahan Setda Pemprovsu, Ngadimin, Pejabat Kantor BPN Kabupaten Asahan, Abdul Rahman dan Pejabat Kantor BPN Kabupaten Asahan, Saut Halomoan Simarmata.

Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang melalui Sekda Taufik mengatakan, tanah merupakan bagian terpenting dari kehidupan manusia dan hak bagi setiap warga negara untuk menggunakannya sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 33 ayat (3).

“Mengacu pada hal itu, kepemilikan hak tanah atas nama warga haruslah sesuai dengan Undang-Undang (UU) Agraria dan terdaftar kepastian hukumnya. Kami berharap kepada para peserta sosialisasi harus dapat mengikuti dengan baik, sehingga ilmu yang didapat bermanfaat bagi masyarakat di wilayah kerja masing-masing,” ujar Sekda. (heru)