Pemkab Asahan Salurkan Pinjaman Bergulir Bagi Pelaku UMKM 

Penyerahan bantuan dana pinjaman bergulir pada pelaku UMKM.

Asahan, Lintangnews.com | Pemkab Asahan menyalurkan buku tabungan dana pinjaman bergulir untuk membangkitkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19.

Penyaluran dana pinjaman bergulir dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan (Kopdag) Pemkab Asahan, Witoyo,kepada 77 orang pelaku usaha yang telah melalui verifikasi administrasi dan faktual oleh UPT Pengelola Dana Pinjaman Bergulir (PDPB), Kamis (24/6/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Asahan diwakilkan Witoyo mengharapkan dana pinjaman bergulir dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para penerimanya, khususnya dalam pengembangan usaha.

“Dana pinjaman bergulir ditujukan untuk pengembangan usaha produktif, bukan konsumtif, misalnya kerajinan, warung serba ada, kuliner, produksi kue, bengkel, dan sebagainya. Saya berharap, dana pinjaman bergulir ini dapat digunakan untuk pengembangan usaha, sehingga UMKM bisa bangkit,” kata Witoyo.

Pihaknya berharap kepada seluruh pelaku UMKM agar dapat mempergunakan dana pinjaman bergulir dengan sebaik-baiknya untuk pengembangan usahanya.

“Ini termasuk mengembalikan dana pinjaman bergulir sesuai dengan jadwal jatuh tempo pinjamannya. Karena dana itu akan digulirkan kembali kepada pelaku UMKM lainnya,” sebut Witoyo.

Kepala UPT PDPB, Elvina Kartika Sari menyampaikan, dasar pelaksanaan program itu mengacu pada Peraturan Bupati Asahan (Perbup) Nomor 30 Tahun 2016 tanggal 9 Desember 2016 tentang pembentukan unit pelaksana teknis pengelola dana pinjaman bergulir pada Diskopdag Asahan. (Heru)