Pemkab Taput dan TNI-Polri Nyatakan Serius Menyikapi Maklumat Kapolri

Bupati Taput, Nikson Nababan didampingi Forkopimda memberikan keterangan pers pada wartawan.

Taput, Lintangnews.com | Untuk menghindari dan mencegah berkembangnya penyebaran Covid 19 atau Virus Corona, sesuai dengan isi maklumat Kapolri, ditanggapi secara serius di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Pemkab Taput, TNI dan Polres menyikapinya dengan mengadakan temu pers di aula kantor Bupati, Kamis (26/3/2020).

Bupati, Nikson Nababan menuturkan, agar wartawan di Taput bisa mensosialisasikan secara baik dan benar isi dari maklumat Kapolri tentang himbauan kepada masyarakat agar bisa menghindar dari penyebaran Covid 19, melalui pemberitaan di media masing masing.

Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Indra Sahat Simaremare, Kapolres, AKBP Horas Marisi Silaen dan Dandim 0210/TU, Letkol Czi Agus Rony Wododo, Bupati menyampaikan, agar berita-berita hoax jangan langsung segera disebar luaskan, sebelum berkoordinasi dengan call center di nomor kontak 085262031922 yang telah disediakan Pemkab Taput.

“Begitu juga status di media sosial (medsos) berisi tidak santun dan bermain-main tentang Covid-19 agar bisa kita lawan dengan isi berita yang gamblang dan mudah dicerna oleh pola pikir masyarakat awam yang nantinya akan dipublikasikan,” paparnya.

Nikson menuturkan, selaku kepala daerah menyikapi maklumat Kapolri tersebut. Dirinya telah mengeluarkan berbagai instruksi untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di Taput.

Seperti mengurangi pertemuan atau kegiatan rapat di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menyampaikan kepada setiap Kepala Desa (Kades) agar masyarakat yang melakukan acara kegiatan pesta bisa dipantau dan bila perlu dihimbau untuk ditunda dulu. Ini agar kegiatan itu nantinya tidak menjadi penyebaran Covid-19.

“Kita juga telah banyak melakukan berbagai hal untuk mencegah penyebaran Covid-19, dengan pengadaan dapur umum untuk membuat minuman wedang jahe. Ini nantinya akan dibagikan pada masyarakat yang ramuannya bersumber dari rempah-rempah,” sebut Nikson.

Kemudian, penyediaan tempat cuci tangan atau wastafel di beberapa titik, dan memperbanyak masker dengan memanfaatkan Balai Latihan Kerja (BLK) Silangkitang untuk memproduksi atau membuat masker.

Nikson juga minta kepada semua lapisan masyarakat agar selalu menjaga diri dan kebersihan lingkungan, serta membuat gerakan untuk melawan penyebaran Covid-19. Caranya dengan membuat sendiri hand sanitiser dan penyemprotan disinfektan bersama masyarakat lingkungan sekitar.

“Begitu juga kepada para donator, baik anak rantau dan pengusaha agar mau memberikan sumbangsihnya, baik itu berupa bantuan dana atau Alat Pelindung Diri (APD) pada Pemkab Taput, untuk nantinya bisa kembali disalurkan bagi masyarakat,” kata Nikson mengakhiri. (Pembela)