Pemkab Tobasa Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan Pemkab Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Dasar negara sering juga disebut dengan dasar falsafah negara (dasar filsafat negara atau philosophische grondslag) dari negara ideologi negara(staatsidee).

Dalam hal itu, Pancasila dipergunakan sebagai dasar untuk mengatur pemerintahan negara, maka lahirnya Pancasila yang diperingati  setiap tanggal 1 Juni.

“Upacara hari ini untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” sebut Bupati Toba Samosir (Tobasa), Darwin Siagian saat membaca sambutan tertulis Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP-RI), Hariyono.

Ini disampaikan Darwin saat bertindak sebagai inspektur upacara (irup) pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Bupati Tobasa, Sabtu (1/6/2019).

Dikatakan, berkat Pancasila yang berkelindaan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

Seusai membacakan sambutan, Bupati Darwin menyampaikan ucapan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri kepada semua warga Tobasa yang merayakannya.

Hadir pada upcara itu, Wakil Bupati, Hulman Sitorus, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Wakil Ketua DPRD, Tonny Simanjuntak, pengurus Badan Kerja Sama Antar Gereja (BKAG), ibu-ibu PKK, Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari dan undangan lainnya.

Peserta upacara diikuti pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan staf, TNI, Polri, Organisasi Kepemudaan (OKP) pelajar SMP dan Paduan Suara SMA Negeri 2 Balige yang membawakan lagu-lagu perjuangan. (asri)