Penanganan DBD, Plt Wali Kota Siantar Instruksikan Beberapa Langkah yang Harus Dilakukan

Rapat pembahasan langkah-langkah penanganan DBD di Kota Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Pemko Siantar menggelar rapat pembahasan langkah-langkah penanganan Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah itu.

Rapat yang dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota, Susanti Dewayani diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Budi Utari Siregar, digelar di Ruang Serbaguna Bappeda, Senin (18/7/2022).

Dalam arahannya, Susanti mengharapkan peran perangkat Kelurahan dan Kecamatan,serta Puskesmas agar dapat melakukan upaya pencegahan penyebaran DBD, sehingga kasusnya dapat segera tertanggulangi.

Plt Wali Kota juga menginstruksikan beberapa langkah yang harus dilakukan, di antaranya gotong royong dengan melibatkan masyarakat secara rutin.

Selanjutnya, perangkat Kelurahan bersama Puskesmas melakukan imbauan dan sosialiasi kepada masyarakat agar melakukan 3M Plus, yakni Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es, dan lain-lain, Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan sebagainya, serta Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

Sedangkan yang dimaksud Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti, Menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, Menggunakan kelambu saat tidur, Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, Menanam tanaman pengusir nyamuk, Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah,Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

“Perangkat Kelurahan, Kecamatan dan Puskesmas dapat melakukan gotong royong kebersihan dan secara kontinu melaporkan kepada pimpinan,” kata Susanti.

Dalam rapat itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemko Siantar,  Yuliana Sara Erika Silitonga juga memaparkan terkait DBD.

Turut hadir dalam rapat, Kadis Kesehatan,Ronald H Saragih, Plt Kepala Badan Penanggukangan Bencana Daerah (BPBD), Robert Samosir, para Camat, Lurah dan Kepala Puskesmas, sertamewakili Kabag Prokopim yakni Kasubbag Dokumentasi,Daniel Purba. (Rel)