Pencanangan Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan di Siantar Berlangsung Sukses

Wakil Wali Kota, Togar Sitorus, Dandim 0207/Simalungun, Letkol Inf Franskhisin Panjaitan, Kepala Dinas PPKB, Rumondang Sinaga, perwakilan BKKBN Sumut, Lusy Desriat dan unsur Forkopimda saat foto bersama.

Siantar, Lintangnews.com | Wakil Wali Kota Siantar, Togar Sitorus bersama Dandim 0207/Simalungun, Letkol Inf Franskhisin Panjaitan menghadiri pencanangan bakti sosial TNI Manunggal KB Kesehatan (TMMK) tingkat Kota/Kabupaten 2019 di Lapangan Adam Malik, Jumat (11/10/2019).

Dalam sambutannya, Tagor mengatakan, pencanangan bakti sosial TNI Manunggal KB Kesehatan merupakan salah satu bentuk kerja sama BKKBN dan TNI. Juga mitra kerja BKKBN lainnya untuk membangun kependudukan Indonesia agar tumbuh seimbang, sehingga Indonesia secara keseluruhan akan menjadi bangsa yang kuat, sejahtera, adil dan makmur.

Menurutnya, Pemko Siantar tetap eksis dalam program keluarga berencana, melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) yang telah berhasil meraih Manggala Karya Kencana pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 26 di Banjar Baru, Kalimantan Selatan pada bulan Juli lalu. Penghargaan langsung dari BKKBN Pusat itu diserahkan Menteri Kordinator PMK, Puan Maharani.

“Ini merupakan prestasi yang harus terus dipertahankan dan digiatkan agar dapat mendukung program pemerintahan di bidang Keluarga Berencana,” terangnya.

Disampaikan Togar, menyambut TNI Manunggal KB-Kes tahun 2019, Pemko Siantar melalui dinas PPKB juga telah melakukan penanaman 500 bibit pohon produktif di Kampung KB Tombak Pulo-Pulo, Kecamatan Siantar Simarimbun.

“Selain itu juga telah dilakukan operasi gratis Mow (Tubektomi) di Rumah Sakit (RS) Tentara dan pelayanan Mop (Vasektomi) dan pelayanan lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Dandim, Letkol Inf Franskhisin Panjaitan berharap, agar kegiatan ini menjadi momentum yang tepat dan penting untuk semakin meningkatkan komitmen.

“Ini juga konsistensi kita dalam upaya pembangunan program Keluarga Berencana nasional dalam rangka mewujudkan keluarga bahagia, sejahtera dan berkualitas,” paparnya.

Lanjutnya,  Kodim 0207/Simalungun siap untuk ikut serta melaksanakan program KB Kesehatan bersama dengan seluruh instansi terkait dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera, sebagai langkah untuk menghadirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Saya berharap, semoga kita semua menjadi pelopor, motivator dan dinamisator dalam melaksanakan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK),” tandasnya.

Dalam kegiatan itu, Wakil Wali Kota Togar Sitorus bersama Dandim dan Kepala Dinas PPKB, Rumondang Sinaga melihat langsung warga saat pemasangan KB Implan dan Posyandu.

Tampak hadir, sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Lusy Desriati, serta sejumlah undangan lainnya. (Elisbet)