Perisai Sumut Bagikan Masker Gratis untuk Pedagang Pasar Sukaramai

Kegiatan pembagian masker yang dilakukan DPW Perisai Sumatera Utara.

Medan, Lintangnews.com | Pergerakan Rakyat Semesta Indonesia (Perisai) menyalurkan masker gratis kepada para pengunjung dan pedagang di Pasar Sukaramai, Medan Denai, Kota Medan dan sekitarnya, Senin (15/6/2020).

Ada pun masker non medis itu merupakan hasil produksi badan ekonomi kreatif dan UMKM Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perisai Sumatera Utara.

Koordinator DPW Perisai Sumut, Sriwaty Manik menyatakan, pembagian masker gratis tahap pertama itu hanya diberikan kepada para pengunjung dan pedagang pasar yang tidak memakai masker.

“Kita berikan hanya kepada yang belum (tidak) memakai masker saja sekaligus juga mengedukasi warga agar tetap pakai masker jika melakukan aktifitas di luar rumah,” kata Sriwaty ditemui di Pasar Sukaramai.

Sriwaty didampingi para pengurus DPW Perisai Sumut sejak siang hingga sore dini hari masih terus menyambangi warga yang benar-benar membutuhkan masker.

“Kita utamakan kepada pedagang kecil dan masyarakat (pengunjung) saja, termasuk anak-anak usia dini yang belum pakai masker,” sergahnya kemudian.

Perisai Bergerak Untuk Rakyat

Sementara itu, Dewan Proklamator Perisai, Rajoki Aritonang mengatakan, program pembagian masker nonmedis gratis ini merupakan komitmen Perisai untuk menjaga kualitas kesehatan masyarakat.

Posko bantuan kemanusiaan DPW Perisai DKI Jakarta.

“Bagaimana pun kesehatan rakyat harus diperhatikan, terutama para pedagang kecil dan masyarakat kurang mampu,” ujarnya.

Dia menambahkan, kepedulian Perisai dalam meredam dan memutuskan mata rantai penyebaran pandemi Covid-19 itu dilakukan bukan hanya melalui pembagian masker gratis saja.

Rajoki mengungkapkan, kegiatan lainnya seperti di DPW Perisai Jawa Timur melakukan pembagian sembako gratis dan akan melakukan penyemprotan disinfektan gratis di tempat-tempat rumah ibadah dalam waktu dekat ini.

“Baru-baru ini, DPW Perisai DKI Jakarta sudah melakukan pembagian sembako gratis untuk warga kurang mampu,” ungkapnya.

Dia juga memastikan, program Perisai Tangkal Covid-19 ini sekaligus mengajak masyarakat untuk semakin peduli terhadap kesehatan pada lingkungannya, dan bergotong royong bersama-sama pemerintah dalam memutus penyebaran pandemi Covid-19.

Menurut dia, program Perisai Tangkal Covid-19 ini memang dilakukan secara gotong royong oleh seluruh pengurus dan anggota Perisai. Meski dalam situasi ekonomi sulit tapi seluruh bantuan yang dikelola secara swadaya itu tetap berjalan lancar.

Pembagian masker pada para pedagang di Pasar Sukaramai, Kota Medan.

Selain itu, dia juga mengatakan, sejak program ini digagas hingga kini sudah lebih dari ratusan masker dan sembako dibagikan kepada pedagang kecil serta warga kurang mampu.

Dia mengaku tidak terpikirkan dan berharap mendapat bantuan dari para donatur maupun pemerintah. Perisai tidak ingin menunggu dan berpangku tangan saja melihat kondisi masyarakat yang terdampak wabah pandemi Covid-19 ini.

“Perisai ini lahir dari keresahan rakyat dan tentunya berjuang untuk rakyat. Sesuatu hal yang kecil bisa menjadi besar dan mulailah sesuatu yang besar dari hal-hal paling kecil itu yang bermanfaat untuk rakyat,” pungkasnya.

Seperti diketahui, proklamator dan para pendiri organisasi Perisai ini dahulunya merupakan para relawan pendukung Jokowi-Maruf Amin pada Pemilihan Predisen (Pilpres) 2019 lalu. Namun ketika melakukan kegiatan kemanusiaan ini mereka sudah tidak lagi membawa embel-embel relawannya. (Red)