Personil Polres Simalungun Mendadak Dites Urine, Ini Hasilnya

Pelaksanaan tes urine terhadap personil Polres Simalungun.

Simalungun, Lintangnews.com | Sebagai wujud komitmen dalam memerangi peredaran narkoba sekaligus memastikan anggotanya bersih narkoba, Polres Simalungun melakukan tes urine narkoba mendadak bagi seluruh personil yang dilaksanakan usai apel pagi di halaman Aspol Polres Simalungun, Jumat (15/10/2021).

Tes urin dilakukan secara mendadak dengan diikuti sejumlah perwira Polres Simalungun dengan pengawasan secara ketat oleh Kabag Ops, Kompol Suryanto bersama Unit Sie Propam.

Kapolres Simalungun, AKBP Nicolas Dedy Arifianto bersama Wakapolres, Kompol Efianto dan Pejabat Utama (PJU) juga memberikan contoh untuk dilakukan tes urine. Ini sebagai contoh teladan dan bagian dari komitmen pemberantasan penyalahgunaan narkoba di kalangan personil Polri.

“Tes urine ini merupakan wujud nyata komitmen kuat Polres Simalungun dalam memerangi peredaran narkoba. Sebagai anggota Polri yang merupakan penegak hukum dan pengayom masyarakat, tentunya harus menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat,” paparnya.

Menurutnya, narkoba merupakan ancaman nyata yang bisa menimpa siapa saja tanpa memandang latar belakang, termasuk anggota Kepolisian. Sebab itu, diperlukan ketegasan dan pengawasan ketat, serta melibatkan semua sumber daya yang ada.

Sementara itu, Kasat Narkoba, AKP Adi Haryono mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk konsisten Polres Simalungun dalam pemberantasan narkoba di Kabupaten Simalungun. Bukan saja membongkar sindikat narkoba dan obat-obatan terlarang, tetapi juga memastikan internal Kepolisian benar-benar bersih dari barang haram itu.

“Saat ini 100 orang personil fungsi opsnal serta staf Polres Simalungun dilakukan pemeriksaan. Nantinya kegiatan akan terus ditingkatkan sampai ke seluruh fungsi, unit serta Polsek sejajaran Polres Simalungun guna tetap menjaga terlaksananya tugas pengabdian dan pelayanan pada masyarakat,” paparnya.

Ada pun dari hasil pemeriksaan petugas Urkes Polres Polres Simalungun, keseluruhan anggota dinyatakan negatif dan tidak ditemukan adanya indikasi penggunaan narkoba. Selama pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi serta melaksanakan protokol kesehatan (prokes) penanganan penyebaran Covid-19.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kasat Intel, AKP Restuadi, Kasat Sabhara, AKP Pandapotan Butar-Butar, Kasie Propam, Iptu Alwan, personil Urkes Polres Simalungun Marliana Tami dan Sie Propam. (Rel/Zai)