Petani Binaan PT TPL Panen Padi Hasilnya Lebih Baik dengan Pola Jajar Legowo

Panen padi di lokasi persawahan milik petani binaan PT TPL.

Toba, Lintangnews.com | Penerapan penanaman padi dengan pola tanam jajar legowo (jarwo) telah memberikan hasil  yang baik saat pemanenan perdana, Jumat (28/05/21) bagi petani binaan PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) di Desa Lumban Manurung, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba.

Hasoloan Sitorus selaku Kepala Desa(Kades) Lumban Manurung dan penggerak petani binaan menuturkan, dengan adanya pola tanam jarwo ini memberikan banyak manfaat.

Menurutnya, Desa dengan mayoritas warganya bekerja sebagai petani ini sebelumnya hanya bertani menggunakan cara tradisional. Namun setelah menggunakan pola tanam jarwo, penanaman padi menjadi lebih cepat dan  menggunakan bibit lebih sedikit dari yang biasanya.

“Cara tanamnya cepat, bibitnya sedikit dan juga hasil padinya bagus,” ujar Hasoloan.

Terdapat 12 orang petani dengan luas areal persawahan masing-masing 3 rante yang tergabung sebagai petani binaan PT TPL. Selain dilakukan pendampingan selama penanaman, PT TPL juga memberikan dukungan berupa pupuk Phonska Plus dan Urea.

Hasoloan juga mengatakan, hasil padi yang dipanen lebih banyak dari tahun sebelumnya. “Lahan 1 rante kita bisa dapat 34 kaleng padi. Ini sudah ada penambahan dan merupakan hal yang baik,” ujarnya.

Hema Butarbutar selaku Community Development (CD) Officer PT TPL mengatakan, program ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung peningkatan ekonomi para petani, khususnya di Kecamatan Parmaksian.

“Kita harapkan juga ini dapat memotivasi petani lainnya untuk menerapkan pola jarwo ini dan menjadi petani yang mandiri,” ujarnya.

Program padi emas oleh PT TPL juga merupakan salah satu bentul komitmen dan dukungan perusahaan untuk hadir berkontribusi dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah operasional perusahaan, khususnya di Kabupaten Toba. (Aldy)