Pimpin Upacara Harlah Pancasila 2023, Wali Kota Siantar Kenakan Pakaian Adat Simalungun

Wali Kota Siantar, Susanti Dewayani saat membacakan sambutan Presiden, Joko Widodo.

Siantar, Lintangnews.com | Wali Kota Siantar, Susanti Dewayani memimpin upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023, di Lapangan Adam Malik, Kamis (1/6/2023).

Saat memimpin upacara, Susanti mengenakan pakaian adat Simalungun lengkap dengan Hiou dan Bulang berwarna merah

Presiden, Joko Widodo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Susanti di peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’, menyampaikan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

“Pancasila dinilai sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai ‘bintang penuntun’ (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” terangnya.

Dilanjutkan, Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional. Untuk itu sudah selayaknya semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila. Sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius bangsa Indonesia. Dengan demikian, Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat, baik secara filsafat, politis, historis, maupun kultural,” tukasnya.

Dikatakan, Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa. Namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar, namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia.

“Tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa bersama-sama mensukseskan Pemilu yang jujur, aman dan damai,” kata Susanti.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini, Presiden mengajak bergotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

“Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Presiden juga mengajak untuk menggelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai Miangas hingga Pulau Rote.

Usai upacara, Susanti bersama Danrem 022/Pantai Timur, Kolonel Inf Luqman Arief dan Ketua DPRD, Timbul Marganda Lingga menyerahkan piala Kejuaraan Kelurahan Terbaik se-Kota Siantar. Juara I Kelurahan Mekar Nauli, Kecamatan Siantar Marihat, juara II Kelurahan Kristen, Kecamatan Siantar Selatan dan juara III Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur. (Rel)