Pimpinan OPD Siantar Diharapkan Bekerja Keras dalam Penyerapan Anggaran

Wakil Wali Kota Siantar, Togar Sitorus saat memberikan pemaparannya. 

Siantar, Lintangnews.com | Dalam rangka mewujudkan pelaksanaan APBD tepat waktu, mutu dan sasaran melalui tertib administrasi yang prima, Pemko Siantar menggelar Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) Triwulan IV Tahun 2018. Senin (17/12/2018) di Aula Ruang Serbaguna Bappeda Siantar.

Wakil Wali Kota, Togar Sitorus dalam sambutannya menyatakan, guna mewujudkan pelaksanaan APBD secara tepat waktu dan tepat sasaran harus didukung tertib administrasi yang prima.

Togar menilai perlu melakukan pengendalian dan evaluasi secara intensif  tentang apa saja program yang dilaksanakan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku pengguna anggaran.

“Karena itu, perlu saya tidak bosan-bosannya menekankan bahwa aktivitas pengendalian tidak hanya dalam bentuk rapat, tingkatkan konsultasi, koordinasi, surat menyurat yang secara keseluruhan ditujukan untuk mendukung kelancaran kegiatan yang sudah direncanakan,” kata Togar.

Dia juga menerangkan, melalui upaya pengendalian secara sistematis, diharapkan produktivitas kegiatan dapat tercapai sebagai bagian dari perwujudan pelayanan publik.

Togar juga tidak lupa juga mengingatkan, para pimpinan OPD untuk bekerja lebih keras lagi dan berkarya nyata. Ini agar tingkat penyerapan anggaran di tahun 2018 ini dapat lebih baik dari tahun sebelumnya, mengingat pentingnya mendorong percepatan perekonomian masyarakat.

“Perlu kami sampaikan, dalam sistem anggaran sudah mulai berorientasi pada kinerja, penyerapan anggaran merupakan konsekuensi dari pelaksanaan kegiatan. Kecenderungan penumpukan penyelesaian anggaran di akhir tahun akan menimbulkan konsekuensi pada rendahnya kualitas hasil pembangunan sekaligus berkurangnya nilai tambah kegiatan bagi kesejahteraan rakyat,” tutur Togar.

Dirinya juga berharap, predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diraih Pemko Siantar di tahun 2018 ini bisa dipertahankan terus.

Ia menegaskan, semua pihak  harus melaksanakan proses perencanaan, penganggaran, pengawasan dan pelaporan keuangan yang lebih baik, serta transparan.

Kepala Bappeda Pemko Siantar, Midian Sianturi menjelaskan, Rakorbang yang dilaksanakan ini bertujuan untuk membandingkan realisasi masukan, keluaran dan hasil terhadap Rencana Kerja Oprasional (RKO) setiap OPD di lingkungan Pemko Siantar, sehingga diperoleh tingkat kinerja yang optimal bagi para pengguna anggaran dalam melaksanakan kegiatan.

Midian juga menyebutkan, rapat itu juga menjadi sebagai sarana monitoring dan evaluasi terhadap semua kegiatan pembangunan. Sehinggga dapat menjamin bahwa pelaksanaan pembangunan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Sementara menjadi narasumber dalam kegiatan adalah, Kepala BPKAD, Adiaksa DS Purba, serta dihadiri para pimpinan OPD di lingkungan Pemko Siantar seperti, Staf Ahli, Kepala Dinas (Kadis), Kepala Badan (Kabag) dan Camat. (rel)