Plt Wali Kota Siantar Inginkan Semua Urusan di Kantor Camat dan Lurah Berjalan Cepat dan Mudah

Plt Wali Kota, Susanti Dewayani saat meninjau langsung pelaksanaan imunisasi campak Rubella kepada anak-anak di Kelurahan Suka Maju

Siantar, Lintangnews.com | Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Siantar, Susanti Dewayani memberikan motivasi kepada para pegawai yang bertugas di Kantor Camat Siantar Marihat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP).

Motivasi diberikan saat apel pegawai di lingkungan Kantor Camat Siantar Marihat, Kamis (4/8/2022). Selain itu, Susanti juga menyempatkan diri menyapa masyarakat di Kelurahan Suka Maju dan Parhorasan Nauli di wilayah Kecamatan Siantar Marihat.

Plt Wali Kota mengatakan, apel sekaligus silaturahmi dilakukan dengan pegawai Kecamatan Siantar Marihat, Disdukcapil dan Dinas PMPTSP. Kebetulan, lokasi ketiga kantor tersebut berada di dalam satu komplek. Silaturahmi, katanya, untuk menyamakan persepsi, mempererat kekeluargaan, dan menambah kekerabatan.

Disebutkan Susanti, kehadirannya merupakan salah satu program Pemko Siantar untuk hadir di tiap-tiap Kecamatan, Kelurahan dan dinas-dinas untuk melihat kesibukan seorang Camat dan Lurah dalam melayani aduan-aduan dan keluh kesah masyarakatnya.

“Saya ingin semua urusan di Kantor Camat dan Kantor Lurah dapat berjalan cepat dan mudah. Karena itu lah yang diharapkan dan diinginkan oleh masyarakat, bagaimana pelayanan kita kepada masyarakat,” tukasnya.

Menurutnya, Kecamatan dan Kelurahan adalah gambaran Pemko Siantar hadir, melayani dan mensejahterakan masyarakat. Susanti mengatakan, keberhasilan suatu daerah dan seorang kepala daerah, akan terlihat bagaimana masyarakat bisa terlayani di wilayah yang paling depan, yaitu di tingkat RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan.

Plt Wali Kota juga mengajak para pegawai untuk terus meningkatkan ilmu dan kinerja agar berprestasi dalam pekerjaan. “Marilah kita juga berinovasi dan berkerja bersama dengan hati yang tulus dan ikhlas,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Susanti juga mengajak untuk mensukseskan program LISA (Lihat Sampah Ambil). Sebab menurutnya, masalah sampah tidak pernah akan selesai.

“Mari kita sukseskan program 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan menerapkan pelayanan 5S, saya yakin masyarakat akan senang berjumpa dengan kita,” ujarnya.

Kepada Camat dan Lurah diingatkan untuk melengkapi data warga miskin, mengaktifkan Posyandu kembali, mendata dan melihat jumlah anak stunting, membantu kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah masing-masing, dan mengingatkan para pedagang dengan cara santun dan humanis untuk tidak berjualan di trotoar maupun badan jalan.

Usai apel, Susanti meninjau tempat pelayanan masyarakat di Kantor Camat Siantar Marihat, Disdukcapil dan Dinas PMPTSP.

Saat meninjau, Plt Wali Kota mengingatkan Camat, Lurah dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar menyediakan tempat pelayanan masyarakat yang bersih, sejuk, nyaman dan urusan-urusan masyarakat dapat berjalan cepat, mudah, dan tidak dipersulit.

Selanjutnya meninjau langsung pelaksanaan imunisasi campak Rubella kepada anak-anak di Kelurahan Suka Maju, penimbangan berat badan dan pemberian vitamin di Posyandu. Juga memberikan bingkisan berisi susu, telur dan kacang hijau kepada murid-murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelurahan Suka Maju, serta bingkisan untuk anak stunting.

Selain ke Kelurahan Sukamaju, Plt Wali Kota Susanti juga meninjau pelaksanaan imunisasi campak Rubella kepada anak-anak di Kelurahan Parhorasan Nauli.

Turut hadir, Kakan Satpol PP, Robert Samosir, Plt Kadis Kominfo, Johannes Sihombing, Camat Siantar Marihat, Robert Sitanggang beserta para Lurah, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Mardiana. (Rel)