Plt Wali Kota Siantar Tinjau Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional

Plt Wali Kota Siantar, Susanti Dewayani menyapa serta memberikan semangat bagi anak-anak TK Taman Cahaya.

Siantar, Lintangnews.com | Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Siantar, Susanti Dewayani mengunjungi TK Taman Cahaya Bulan, Jalan Sisingamangaraja No 172, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Sitalasari, Kota Siantar yang mengadakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 oleh Puskesmas Bah Kapul, Kamis (28/7/2022).

Untuk mengejar cakupan imunisasi yang rendah, diakibatkan fokus kepada penanganan pandemi Covid-19, Pemko Siantar menggelar BIAN 2022 yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya, sehingga lebih sehat dan produktif. Tak hanya itu, manfaat dari imunisasi juga jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan.

BIAN 2022 dianggap menjadi momen yang penting untuk masyarakat Indonesia supaya dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya imunisasi dasar lengkap, yang telah menurun selama pandemi Covid-19.

Pelaksanaan BIAN meliputi kegiatan imunisasi tambahan Campak Rubela dan imunisasi kejar (OPV, IPV dan DPT-HB-Hib) dengan baik dan dapat mencapai target yang diharapkan. Bila kesenjangan imunitas ini tidak segera dikejar, maka akan terjadi peningkatan kasus dan Kejadian Luar Biasa yang akan menjadi beban ganda di tengah pandemi.

Hal ini selaras dengan visi misi yang dicanangkan Plt Wali Kota dalam mewujudkan Kota Siantar yang Sehat, Sejahtera dan Berkualitas.

Susanti menuturkan, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi semua pihak baik dari orang tua atau keluarga, pemerintah, fasilitas kesehatan setempat, tenaga kesehatan dan berbagai support sistem lainnya.

“Ini merupakan sebuah strategi dan upaya Pemko Siantar untuk mengakselerasikan perluasan cakupan imunisasi yang tinggi. Sehingga akan menyebabkan terciptanya herd immunity di Siantar menuju Generasi Indonesia Emas Tahun 2045,” paparnya.

Terlihat Susanti menyapa serta memberikan semangat bagi anak-anak TK Taman Cahaya yang diberikan imunisasi oleh tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Bahkapul.

Turut hadir, Kepala Puskesmas (Kapus) Bah Kapul, Hendra MH Nainggolan, Kabag Umum, Arri Suaswandhy Sembiring, Kasubbag Protokol, Suherman, para nakes, guru dan orang tua. (Rel)