Plt Wali Kota Tanjungbalai Buka Musyawarah BKUK ke V

Ketua BKUK Tanjungbalai beserta pengurus serta para Pendeta dan Pastor mangulosi Plt Wali Kota, Waris Thalib.

Tanjungbalai, Lintangnews.com | Keberadaan Badan Kerjasama Umat Kristiani (BKUK) adalah sebuah wadah yang mengayomi gereja-gereja.

“Untuk itu saya berharap kehadiran BKUK dapat memberi warna bagi terciptanya kerukunan, kebersamaan dan kesatuan umat Kristen di tengah moderisasi agama saat ini,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib saat menghadiri dan membuka secara resmi pelaksanaan musyawarah ke V Badan BKUK Kota Tanjungbalai di Sopo Katolik Gian Franco Cruder, SX Jalan Jamin Ginting/Arteri , Jumat (13/8/2021).

Sesuai dengan tema ‘Bagiku Bekerja Memberi Buah’, Waris berharap, keberadaan umat Kristen di Tanjungbalai dapat membawa kebaikan dan keberkahan.

“Saya berharap, BKUK yang menaungi umat Kristen dapat memberi contoh dan melahirkan program yang tidak lagi biasa-biasa saja, tetapi harus yang luar biasa. Mengingat terbentuknya BKUK di Tanjungbalai sudah 22 tahun, untuk itu saya yakin kedepan bisa memberi harapan baru bagi terciptanya kerukunan umat beragama di Tanjungbalai,” harapnya.

Sementara itu mewakili DPRD Tanjungbalai, Ketua Fraksi PDI-Perjuangan, Eriston Sihaloho mengatakan, dengan keberadaan saat ini ada 46 Gereja. Pihaknya akan selalu mendukung dan siap membantu program BKUK maupun organisasi lainnya demi kerukunan umat beragama.

“DPRD Tanjungbalai mendukung terbentuknya badan atau struktur yang mewadai umat Kristen di Kementerian Agama (Kemenag). BKUK dapat lebih berperan di tengah-tengah masyarakat kedepannya,” ucap Eriston.

Kepala Kantor Kemenag Tanjungbalai, Al Ahyu mengatakan, BKUK kedepan harus mampu menjaga kerukunan intern umat beragama oleh masing-masing umat beragama. Ini termasuk umat agama Kristen maupun maupun eksternal umat beragama.

Al Ahyu menambahkan, setelah menjaga hubungan internal umat beragama, peran organisasi keagamaan selanjutnya adalah menjaga hubungan eksternal umat beragama. Kendati kondisi sosial antar umat beragama di Tanjungbalai terlihat kondusif, namun Al Ahyu berharap, hal ini tidak membuat umat beragama menjadi merasa aman, terutama para tokoh agama harus tetap waspada dan terus menjaga kerukunan dengan berbagai kegiatan atau inovasinya.

Ketua BKUK Tanjungbalai ,Walman Riadi P Girsang menyampaikan selama perjalanan BKUK yang sudah mencapai 22 tahun, semoga pengurus baru terpilih akan jauh lebih baik membawa organisasi ini k earah yang lebih baik dengan berbagai program dan inovasi.

Di akhir acara pembukaan, Ketua BKUK Tanjungbalai beserta pengurus serta para Pendeta dan Pastor mangulosi Plt Wali Kota.

Terpilih sebagai Ketua BKUK Kota Tanjungbalai periode 2020-2025 adalah Eriston Sihaloho, Seketaris, Robinhot Silaen dan Bendahara Dinaria Tarigan. (Yuna)