PMS Simalungun Audiensi dengan Kapolres, Ini Hasil Pertemuannya

Sejumlah pengurus PMS Simalungun foto bersama dengan Kapolres Simalungun, AKBP Nicolas Dedy Arifianto.

Simalungun, Lintangnews.com | DPC Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kabupaten Simalungun audiensi dengan Kapolres Simalungun, AKBP Nicolas Dedy Arifianto, Senin (21/2/2022).

Sebelum audensi dimulai, Sekretaris PMS Simalungun, Robinhood Purba memberikan Surat Keputusan (SK) kepengurusan dan berkas persyaratan yang sudah disahkan oleh Badan Kesbangpol kepada Kapolres.

Robinhood mengucapkan terima kasih kepada Kapolres n atas kesediaan menerima PMS Simalungun untuk beraudiensi dan memperkenalkan seluruh pengurus yang hadir. Para pengurus yang hadir yakni, Wakil Ketua EV Daniel Tondang, Ketua Bidang Politik, Baren Saragih dan Bendahara, Piter Damanik.

Robinhood juga meminta maaf karena Ketua PMS Simalungun, Kalkedon Saragih tidak bisa hadir berhubung kurang sehat.

Sementara Daniel Tondang menyampaikan kepada Kapolres agar PMS juga dapat bekerja sama dengan Kepolisian untuk mendukung. “Ini termasuk membantu program-program Kapolres dan bisa bekerja sama dengan baik kedepannya,” paparnya.

Ia juga menjelaskan, selama ini PMS  sudah banyak bekerja dalam arti memperkenalkan adat dan budaya Simalungun kepada masyarakat, khususnya di Simalungun.

Lebih jauh Tondang menuturkan, apabila Kapolres mengadakan temu pisah untuk penyematan seperangkat pakaian alat Simalungun, itu juga termasuk tugas dari PMS .

Sementara itu, Baren Saragih menegaskan, PMS siap bermitra dengan Polri khususnya di Simalungun. “Apa pun petunjuk dari Kapolres, PMS Simalungun siap ikut melaksanakan,” ucap Baren.

Menanggapi hal ini, Kapolres mengungkapkan, dirinya senang menerima kehadiran PMS di wilayah kerjanya. Nicolas juga mohon maaf atas penyambutan yang sangat sederhana kepada PMS.

Kapolres mengaku, hal ini sudah lama dinantikannya agar bisa berkomunikasi dengan seluruh elemen masyarakat di Simalungun, baik itu tokoh masyarakat, tokoh agama termasuk di dalamnya PMS dan tokoh-tokoh lainnya.

Nicolas juga menjelaskan, kegiatan-kegiatan yang sedang dijalankan personil Polres Simalungun, antara lain memberi kesadaran kepada masyarakat agar lebih tertib dan menghilangkan kesempatan, juga kesadaran untuk divaksin, demi pencegahan penyebaran virus.

“Angka kematian beberapa hari ini di seluruh Sumatera Utara ada 200 lebih kasus. Karena itu sebagai masyarakat harus siap divaksin untuk mencegah penularan yang lebih dahsyat lagi,” sebutnya, seraya menghimbau agar tetap menjaga jarak, menghindari kerumunan tetap pakai masker dan rajin cuci tangan.

Terakhir Kapolres juga menghimbau khususnya untuk PMS juga bisa menciptakan suasana yang aman,sejuk dan lembut agar Simalungun lebih maju lagi.

Audiensi diakhiri dengan pemberian cenderamata pada Kapolres berupa sebuah Gotong Parhorja dan Selempang. (Rel)