Poktan Batang Siangi Belajar Membuat Pupuk Organik 

Pelatihan cara membuat pupuk organik.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Kelompok Tani (Poktan) Batang Siangi Desa Pematang Biara, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang belajar atau latihan cara membuat pupuk organik, Selasa (28/6/2022).

Kegiatan itu dilaksanakan di kediaman Ketua Poktan Batang Siangi, Suhairi (Bogel) di Dusun IV Desa Pematang Biara, dengan dibimbing langsung Koordinator Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pertanian (Distan) Pantai Labu, Ridwan dan PPL Pematang Biara, Muriali.

Ridwan mengatakan, pelatihan ini merupakan program Strategi Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) dilakukan untuk memberi ilmu pengetahuan pada kelompok tani cara membuat pupuk organik.

“Ini juga salah satu untuk menghemat biaya dengan membuat sendiri dari pada membeli. Selain itu, untuk mengurangi pemakaian pupuk kimia, dimana agak sulit didapatkan,” paparnya.

Dia menjelaskan, pembuatan pupuk organik ini bahannya gampang diketemui di lingkungan sekitar, antara lain kotoran sapi atau lembu, dedak, cairan mikro organisma M4 dan molase.

“Intinya pelatihan ini untuk mengajari poktan membuat pupuk organic, sekaligus untuk menghemat biaya pengeluaran bercocok tanam,” tukasnya.

Sementara itu, Suhairi mengucapkan terima kasih pada PPL yang telah memberikan ilmu membuat pupuk organik dengan praktek langsung.

“Kami merasa bersyukur telah diajari membuat pupuk organik. Setidaknya pengeluaran kami berkurang untuk bercocok tanam, baik tanam padi maupun palawija,” paparnya.

Turut menyaksikan pembuatan pupuk organik itu Kepala Dusun (Kadus) IV, Bani Yamin. (Idris)