Polres Humbahas Adakan Syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke 67 Tahun

Kapolres Humbahas, AKBP Achmad Muhaimin memotong nasi tumpeng dalam syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke 67 tahun.

Humbahas, Lintangnews.com | Polres Humbang Hasundutan (Humbahas) menggelar sosialisasi ketertiban berlalulintas, sekaligus syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke 67 tahun yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Dolok Sanggul, diikuti ribuan orang peserta, Kamis (22/9/2022).

Kasat Lantas, AKP Danil Saragih memaparkan, mereka sudah 3 Minggu ini atau pihak Polres Humbahas mengadakan beberapa kegiatan sosial, seperti memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Di antaranya 300 paket sembako kepada pengguna kenderaan bermotor telah didistribusikan.

“Tahun ini kecelakaan lalu lintas (laka lantas) sangat tinggi di Humbahas. Dimana terhitung sejak bulan Januari sampai September 2022 ini sudah ada 29 kasus laka lantas. Untuk itu menjadi perhatian serius dari segenap kalangan. Dari kasus itu, jumlah 27 orang di antaranya ada yang meninggal dunia dan luka ringan. Untuk yang meninggal dunia mayoritas berasal dari kalangan pelajar,” sebutnya.

Danil menuturkan, saat ini pihaknya mengundang 1.500 orang pelajar untuk melakukan sosialisasi. Menurutnya, ketika masyarakat dapat disiplin dalam segala hal termasuk berlalulintas, maka tingkat kecelakaan akan otomatis berkurang.

“Kami akan tetap menekankan penindakan knalpot racing kedepan, dan mengajak masyarakat atau pengendara agar tetap disiplin berjalan raya,” sebutnya.

Kapolres Humbahas, AKBP Achmad Muhaimin membacakan pidato Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan arahan dan semangat bagi jajaran Polantas dan mengedepankan semangat bekerja dan berkontribusi bagi masyarakat.

Kapolres Humbahas, AKBP Achmad Muhaimin saat menyematkan pin pelopor Berkendaraan Lalu Lintas .

“Ini termasuk membangun komunikasi, kolaborasi dan terus berjuang dalam menyikapi Covid-19,” paparnya.

Selanjutnya Kapolres menyematkan pin Pelopor Berkendaraan Lalu Lintas kepada Pemkab Humbahas diwakili Asisten Pemerintahan, Makden Sihombing, perwakilan wartawan, Porman Tobing dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Irwan Simamora.

Ini sekaligus pemberian reward atau penghargaan kepada para personil Polres Humbahas, karena berhasil mengungkap kasus pembunuhan berencana.

Selain itu, juga dilakukan pemotongan nasi tumpeng dan penampilan Polisi Cilik (Pocil) dari SD Negeri Sirisirisi Dolok Sanggul binaan Sat Lantas Polres Humbahas, penampilan tari tortor personil Polres Humbahas, tortor sanggar seni binaan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pemkab Humbahas.

Kemudian, Monsak Seni Batak binaan Nabasa, Barongsai dari Kota Tebingtinggi, Reog Ponogoro, Marching Band dari SMPN 1 dan SMPN 2 Dolok Sanggul, serta pemberian helm kepada sejumlah pelajar, guru dan masyarakat oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Humbahas. (JS)