Polres Samosir Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Toba 2021, Ini Arahan Kapoldasu

Wakapolres Samosir, Kompol Rahmad Affandi menyematkan pita pada personil Ops Keselamatan Toba Tahun 2021.

Samosir, Lintangnews.com | Polres Samosir melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Toba 2021, Senin (12/4/2021).

Bertindak sebagai pimpinan apel Wakapolres, Kompol Rahmad Affandi dan komandan apel Ipda Benyamin Silaban. Turut hadir, Pj Sekretaris Daerah (Sekda), Jabiat Sagala, Ketua DPRD, Saut M Tamba, Kasi Pidum Kejari, Muhammad Kenan Lubis, Plh Kasatpol PP, Sahat Situmeang, para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira dan seluruh personil Polres Samosir.

Arahan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak yang dibacakan Wakapolres menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas (laka lantas), serta menghambat penyebaran Covid-19 di wilayah Sumut.

“Ini merupakan operasi Kepolisian mandiri kewilayahan yang dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 12-25 April 2021. Fokus operasi ini adalah masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum atau pribadi, lokasi atau ruas jalan yang rawan kemacetan, pelanggaran maupun laka lantas, serta kegiatan berlalu lintas masyarakat yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,” sebut Kompol Rahmad.

Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 2.299 orang personil terdiri atas 150 satuan tugas Poldasu dan 2.149 orang satuan tugas kewilayahan.  Kekuatan personil akan tersebar di seluruh wilayah Kabupaten/Kota.

Para peserta apel gelar pasukan Ops Keselamatan Toba Tahun 2021.

“Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif disertai persuasif yang humanis,” ucap Kompol Rahmad.

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Indonesia, hingga tanggal 9 April 2021 tercatat 1.558.145 kasus positif, 1.405.659 dinyatakan sembuh dan 42.348 meninggal dunia. Sementara di Sumut, tercatat 27.998 kasus positif, 24.726 dinyatakan sembuh dan 928 meninggal dunia.

“Menyikapi hal ini, kita juga akan melakukan berbagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Di antaranya melakukan pemetaan lokasi penyebaran Virus Corona, melakukan pembinaan dan penyuluhan pada masyarakat melalui kegiatan sosialisasi, pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker. Juga melaksanakan edukasi dan penerangan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan (prokes),” kata Wakapolres.

Usai apel gelar pasukan selesai, dilanjutkan dengan Lat Pra Ops di Aula Wira Satya Polres Samosir. (Tua)