Polres Tobasa Gelar Kegiatan Pos Padat Pagi untuk Situasi Kamseltibcar Lantas

Personil Polres Tobasa memberikan arahan pada pelajar yang mengendarai sepeda motor.

Tobasa, Lintangnews.com | Untuk terciptanya situasi Keamanan, Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar Lantas) di sepanjang jalan wilayah hukum (wilkum) nya, Polres Toba Samosir (Tobasa) melakukan Pos Padat Pagi untuk melayani masyarakat pengguna jalan dan persimpangan, Senin (19/8/2019).

“Ini sudah menjadi kegiatan rutin Polres Tobasa setiap paginya, untuk menghindari terjadinya kemacetan arus lalu lintas, tindakan kriminal serta masyarakat juga merasakan kehadiran Polri dalam mengawali aktifitas di pagi hari,” tutur Kapolres Tobasa, AKBP Agus Waluyo.

Kapolres menyarankan, kepada masyarakat agar berhati-hati dalam berkendaraan, baik roda 2 atau pun 4. Ini termasuk melengkapi kelengkapan berkendara baik identitas diri maupun identitas kendaraan seperti SIM, STNK dan surat-surat lainnya.

“Khusus bagi pengendara sepedamotor harus menggunakan helm yang sesuai Standard Nasional Indonesia (SNI). Sebab semua demi keselamatan dan kenyamanan pengendara,” terangnya.

Adapun tindakan yang dilakukan personil Polres Tobasa melaksanakan penyeberangan pada anak-anak sekolah. Juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk melengkapi dan mentaati peraturan pada saat mengendarai kendaraan bermotor, baik sepeda motor (R2) maupun roda empat (R4).

Yang menjadi titik pos padat pagi Polsek Silaen, seperti Simpang SMP Negeri 1 Sigumpar, Simpang Silimbat, Polsek Balige, Pos Padat Di Bundaran Balige, Simpang Gereja Balige, Simpang Jalan Makam Pahlawan Balige, Simpang Lumban Silintong, Simpang Satu Atap Balige, Simpang RS HKBP Balige, depan Sekolah Yayasan Yapim, Jalan Tarutung Soposurung Balige dan Simpang Patuan Nagari Balige.

Untuk Polsek Porsea di Simpang Siantar Narumonda, Simpang Sigura-Gura Kecamatan Porsea, Simpang Jembatan Lumban Datu, Simpang Kantor Camat Porsea, Simpang SMA Narumonda, Simpang Madrasah Porsea dan Simpang Kantor Camat Parmaksian.

Selanjutnya Polsek Laguboti di Simpang Arjuna, Simpang SPBU, Simpang Sirongit, Simpang Aruan dan Simpang Bible Pro. Sementara Polsek Lumbanjulu di Simpang SMP Negeri 1 Lumban Julu, SMA Negeri 1 Lumban Julu, depan SMK Negeri 1 Lumban Julu dan Simpang Jembatan Hatinggian Lumban Julu.

“Jumlah personil Polres Tobasa yang kita turunkan dalam giat pos padat pagi sebanyak 40 orang dari setiap Polsek,” pungkas AKBP Agus.

Terpisah, salah seorang pelajar mengapresiasi tindakan yang dilakukan Polres Tobasa.

“Dengan ini, kami tidak merasa was-was ketika hendak menyeberang. Disamping nyaman dari kemungkinan terjadinya tindak kejahatan,” sebutnya. (asri)