Polsek Perdagangan Tangkap Pelaku Pemberi Harapan Palsu

Pelaku Dimas diamankan di Polsek Perdagangan.

Simalungun, Lintangnews.com | Polsek Perdagangan dipimpin AKP Supendi dan jajarannya berhasil menangkap Dimas Panca Ikhsanni (32) warga Huta III Nagori Landbau, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun atas tuduhan melakukan tindak pidana penipuan atau Pemberi Harapan Palsu (PHP).

Dimas ditangkap di rumah warga milik Sukarti di Huta V Nagori Bandar Jawa, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Jumat (15/2/2019). Ini setelah korban melaporkan dengan LP/Simal-Dagang, tanggal 15 Februari 2019.

Korban tindak pidana penipuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 KUHP adalah, Deby Saputra (31) warga Huta VI Nagori Pematang Kerasaan Rejo, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun.

Sementara saksi adalah Yussi Herianti (30) warga Huta VI Nagori Pematang Kerasaan Rejo, Kecamatan Bandar, dan Muliyadi (51) warga Jalan Mesjid Jami Kelurahan Perdagangan I, Kecamatan Bandar. Sedangkan barang bukti berupa 2 lembar kwitansi dan bukti transfer uang.

Menurut korban dalam hal ini melalui Kanit Reskrim Polsek Perdagangan, Iptu Zikri Muamar memaparkan, pada Rabu (16/1/2019) sekira pukul 14.00 WIB, dirinya dipanggil Sukarti ke rumahnya Huta V Nagori Bandar Jawa.

“Kemudian korban dipertemukan dengan terlapor. Lalu, terlapor menawarkan untuk bekerja di PT Waskita Karya sebagai karyawan kontrak dengan membayar uang sebesar Rp 4 juta. Kemudian uang tersebut dibayar korban keesokan harinya,” sebut Iptu Zikri.

Lalu Sabtu (26/1/2019) sekira pukul 16.00 WIB, terlapor kembali menghubungi korban dan minta untuk mengirimkan uang sebesar Rp 3 juta. Dengan tujuan agar korban dapat bekerja sebagai karyawan tetap di PT Waskita Karya.

Kemudian Senin (11/2/2019) pukul 12.00 WIB, korban mengecek ke kantor PT Waskita Karya yang dimaksud terlapor beralamat di Kota Medan. Tetapi kantornya tidak ada (fiktif). Akhirnya korban menyadari bahwa terlapor telah melakukan penipuan terhadapnya.

Merasa keberatan, pelapor melaporkannya ke Polsek Perdagangan. Dengan laporan itu, selanjutnya terlapor diringkus pihak Polsek Perdagangan. (zai)