Polsekta Tanah Jawa Ringkus 12 Orang Pelaku Pengeroyokan Tewaskan Warga Sergai  

Pihak Polsekta Tanah Jawa memaparkan pengungkapan kasus pengeroyokan di Nagori Bosar Galugur, Kecamatan Tanah Jawa.

Simalungun, Lintangnews.com | Polsekta Tanah Jawa berhasil meringkus 12 orang pelaku pengeroyokan hingga menewaskan Surya Ganda alias Nanda (20) warga Desa Paya Lombang, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Diketahui aksi pengeroyokan terhadap korban yang bekerja sebagai buruh harian itu terjadi Selasa (21/5/2021) sekira pukul 21.00 WIB di Huta IV Dusun Pining II, Nagori Bosar Galugur, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

Sebanyak 12 orang tersangka yang diamankan inisial RS (32), JS (21), GWG (20), RT (24), BS (47), AS (34), BN (21), RPS (21), TS (55), HBB (53), SS (31) dan SH (46), semuanya warga Huta IV Dusun Pining II, Nagori Bosar Galugur.

Kapolsekta Tanah Jawa, Kompol Selamat, Senin (31/5/2021) mengungkapkan kasus penangkapan para tersangka. Menurutnya, motif peristiwa ini akibat massa emosi karena korban diduga ingin melakukan pencurian sepeda motor milik Marta Samosir dan Remon Sinaga.

Awalnya, Selasa (25/5/2021) sekira pukul 20.45 WIB, saat itu Marta yang berada di dalam kamar rumahnya mendengar ada suara gesekan dari tembok samping kamar tempat diparkirnya sepeda motor merek Honda Kharisma nomor polisi (nopol) BK 2874 QL dan mobil Toyota Avanza milik pelapor.

“Merasa curiga, Marta membuka horden jendela kamar dan melihat seorang laki- laki memakai baju kaos warna hitam celana jeans berada di samping sepeda motor dan memegang stang kendaraan roda 2 itu,” sebut Kapolsekta.

Hal ini membuat Marta spontan meneriaki, sehingga laki-laki dimaksud terkejut dan spontan melarikan diri. Mendengar teriakan istrinya, Remon langsung menghampir ke kamar. Lalu Marta menyatakan, ada yang ingin mencuri sepeda motor milik mereka.

Mengetahui hal itu, Remon langsung melakukan pencarian ke Simpang Dusun Pining II dan bertemu dengan Jonson Siallagan dan memberitahukan jika ada yang mau mencuri sepeda motor mereka, dengan cirri-ciri memakai baju hitam, celana jeans dan orangnya tinggi.

Selanjutnya Remon dan warga berjalan kaki melakukan pencarian di areal kebun ubi. Akhirnya Jonson Siallagan mengamankan pelaku dan setelah ditanya mengaku bernama Surya Ganda.

Remon pun langsung membawa pelaku dan memperlihatkan pada istrinya. Marta pun membenarkan jika laki-laki dimaksud yang dilihatnya di garasi dan hendak mengambil sepeda motor.

“Warga yang sudah berkumpul langsung memasakan pelaku. Petugas yang mendapat informasi ada pelaku pencurian yang dimassakan warga langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP),” sebut Kompol Selamat.

Sesampainya di TKP, petugas melihat kondisi Surya sudah dalam keadaan dalam kondisi tidak sadarkan diri. Selanjutnya petugas langsung membawanya ke Puskesmas Tanah Jawa untuk mendapatkan perawatan medis.

Namun pihak Puskesmas merujuk agar dibawa ke Rumah Sakit (RS) di Kota Siantar. Petugas pun langsung membawanya ke RSUD Djasamen Saragih. Rabu (26/5/2021) sekira pukul 14.25 WIB, pihak RSUD Djasamen Saragih menyatakan Surya meninggal dunia.

Di hari yang sama sekira pukul 17.00 WIB, pihak Polsekta Kota Tanah Jawa mengamankan 7  orang yang diduga pelaku pengeroyokan. Dan Kamis (27/5/2021) sekira pukul 18.00 WIB, petugas kembali mengamankan 5 orang lagi yang diduga pelaku. Hingga saat ini Polsekta Kota Tanah Jawa telah menetapkan 12 orang tersangka dan dilakukan penahanan.

“Mereka dipersangkakan pasal 170 ayat 2  ke 3e dan pasal 351 ayat 3 dari KUHPidana, dengan ancaman hukuman penjara selama 7 tahun,” sebut Kapolsekta. (Rel/Zai)