PPTSB Siantar Gelar Pemeriksaan dan Pelayanan Kesehatan Pengobatan Gratis

Kata sambutan dari Ketua PPTSB Cabang Kota Siantar, Risbon Sinaga, serta foto bersama dan peresmian ruang tempat penitipan anak.

Siantar, Lintangnews.com | Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru (PPTSB) Cabang Kota Siantar menggelar pemeriksaan dan pelayanan kesehatan pengobatan gratis masyarakat, khususnya keluarga besar PPTSB.

Ini sekaligus meresmikan tempat Penitipan Anak/Bayi Rizky Berjaya, di Klinik Pratama Rizky Berjaya, Jalan Merdeka No 47/67, Sabtu (27/8/2022).

Ketua PTSB Siantar, Risbon Sinaga mengatakan, PPTSB merupakan organisasi marga. Karena itu salah satu modal PPTSB berperan aktif membantu pemerintah dalam membangun, melayani dan memberdayakan kesehatan masyarakat.

Khususnya keluarga besar PPTSB, dengan tujuan agar terbentuk masyarakat yang sehat fisik, mental dan sosial, serta mempunyai produktivitas yang optimal, kuat, sejahtera dan berkualitas.

Risbon juga mengingatkan kepada semua anggota PPTSB harus sehat. Karena kalau tidak sehat pasti tidak bisa berbuat apa pun. Dan kalau tidak sehat semua pekerjaan akan terkendala.

Apalagi menurut Risbon, PPTSB merupakan organisasi yang modern dan sudah terdaftar di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemko Polhukam). Ini artinya PPTSB sudah menjadi bagian dari pemerintah.

“Jadi PPTSB harus turut serta membantu pemerintah dalam berbagai hal. Termasuk mewujudkan program Pemko Siantar yang dipimpin Wali Kota, Susanti Dewayani, dalam visi misinya mewujudkan Siantar yang Sehat, Sejahtera dan Berkualitas. Untuk itu saya minta kepada kita semua PPTSB harus sehat,” ucapnya.

Pengurus PPTSB Siantar Bidang Kesehatan, Rumondang Sinaga menyampaikan, selain dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun, juga merupakan wujud kepedulian dan perhatian untuk membantu pemerintah meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama warga yang kurang mampu dan terkhusus keluarga besar PPTSB.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk kontribusi dan komitmen organisasi marga di Siantar kepada masyarakat,” paparnya.

Rumondang menambahkan, ada pun jenis pelayanan yang dilaksanakan adalah pembagian masker, pemeriksaan kesehatan secara umum untuk 150 orang, yang terdiri dari pemeriksaan umum dan cek gula darah 60 orang.

Lalu, pemeriksaan umum dan cek asam urat 60 orang. Pemeriksaan kolesterol 30 orang, kacamata 50 orang, konsultasi dan pelayanan KB. Kemudian, pemeriksaan dan pelayanan gigi dasar.

Kedatangan Risbon di Klinik Pratama Rizky Berjaya, selain menyaksikan langsung proses pemeriksaan dan pelayanan kesehatan pengobatan gratis, juga ikut serta dalam memeriksa kesehatan dirinya.

“Ini tanda bukti kesiapan dan semangat seluruh pengurus dan anggota, serta keluarga besar PPTSB dalam melayani masyarakat. Semua itu terlihat dari antusias masyarakat untuk mengecek kesehatannya cukup tinggi dan kita pun menyambutnya dengan rasa bahagia,” jelasnya.

Selanjutnya Risbon meresmikan ruang tempat Penitipan Anak/Bayi Rizky Berjaya, dengan ditandai pengguntingan pita. Berlanjut kegiatan pemeriksaan dan pelayanan kesehatan pengobatan gratis masyarakat dan keluarga besar PPTSB Siantar.

Tampak hadir, Eduard Sinaga sebagai Sekretaris PPTSB, Wakil Ketua, Oloan Sinaga dan Amir Sinaga, Komisi Kerohanian, Johny Sinaga, para pengurus PPTSB dari setiap bidang lainnya, pengurus sektor, Pengusaha Benedict Optical, serta para dokter yang memeriksa para pasien yang hadir. (Elisbet)