Pujakesuma Batubara Adakan Festival Kuda Lumping Piala Kapoldasu 

Ketua Panitia Festival Kuda Kepang, Mahendra Sudrajat (kemeja putih no 3 dari kanan) dalam rapat kepanitiaan.

Batubara, Lintangnews.com | DPD Putera Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Kabupaten Batubara akan adakan festival kuda kepang (lumping) memperebutkan Piala Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu).

Ketua Panitia, Mahendra Sudrajat pada rapat panitia di kediaman Suwondo di Lima Puluh, Selasa (19/2/2019) mengatakan, kegiatan itu melihat pentingnya pelestarian budaya leluhur seperti kuda kepang.

Menurutnya, setelah 2 kali memperebutkan Piala Bupati Batubara, atas permintaan Kapolres Batubara, maka festival tahun 2019 ini naik peringkat menjadi Piala Kapoldasu.

“Festival direncanakan digelar di lapangan bola kaki Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh pada  25 Februari 2019 dan 1 Maret 2019,” sebut Mahendra.

Menurut Ketua Pujakesuma Batubara, Suryono, para peserta yang akan mengikuti festival itu bukan hanya dari Batubara saja. Ada juga tim dari luar Batubara seperti, Asahan, Simalungun, Tanjungbalai dan Serdang Bedagai (Sergai).

Kepanitian festival kuda kepang tahun 2019 ini adalah Ketua Mahendra Sudrajat, Wakil Ketua Jumar dan Iptu Yahman, Sekretaris Budi Santoso dan Ipda Saidi, Bendahara Sakirin, dibantu seksi-seksi.

Festival kali ini mengusung thema ‘Dengan melestarikan seni budaya tradisional Jawa kita pertahankan budaya leluhur yang agung dan adi luhung’. (wellas)