Puskesmas Araskabu Suntik Vaksin Sinovac pada 130 Orang Nakes

Para tenaga kesehatan saat disuntik Vaksin Sinovac.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Dimulai tanggal 18 Januari 2021 lalu hingga saat ini sebanyak 130 orang tenaga kesehatan(nakes) telah disuntik Vaksin Sinovac tahap pertama dan kedua oleh Puskesmas Rawat Inap Araskabu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Suntik Sinovac Puskesmas Araskabu, Deliana Purba, Senin(15/2/2021). “Sebanyak 130 orang nakes itu berasal dari Puskesmas Araskabu, Rumah Sakit (RS) Patar Asih, RS Grand Medistra dan balai pengobatan swasta yang berdekatan dari Puskesmas ini,” ujarnya.

Usai dilakukan suntik Vaksin Sinovac pada hari kedua yakni tanggal 19 Januari 2021, ada 2 orang nakes yang mengalami psikis. “Namun hanya 1 hari saja keduanya sakit dan saat ini sudah sembuh,” ujar Deliana.

Kepala Puskesmas (Kapus) Rawat Inap Araskabu, Hermida usai disuntik vaksin kedua menuturkan, penyuntikan Vaksin Sinovac bagi nakes merupakan program dari Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk dilaksanakan.

“Saya berpesan juga pada nakes yang telah disuntik, bukan berarti setelah disuntik vaksin ini kita aman dari penyakit, namun tetap menjalan protokol kesehatan (prokes) yang dianjurkan pemerintah,” papar Hermida.

Menurutnya, 5M yakni, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan menghindari mobilisasi harus dipatuhi.

“Bagi para nakes yang telah dilakukan penyuntikan, kami memberi selembar surat telah disuntik dan sertfikat,” tutup Hermida. (Idris)