Ribuan Masyarakat Asahan Ikut Vaksinasi Massal, Ini Kata Bupati 

Bupati Asahan, Surya dan Kapolres, AKBP Nugroho Dwi Karyanto meninjau pelaksanaan vaksinasi massal.

Asahan, Lintangnews.com | Masyarakat Kabupaten Asahan antusias mengikuti vaksinasi massal Covid-19 yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 75 dengan menyediakan 2.000 vial.

Diketahui masyarakat dari Kecamatan Kisaran Timur, Kisaran Barat, Kecamatan Pulo Bandring, Meranti dan Kecamatan Rawang Panca Arga mengikuti penyuntikan vaksin secara gratis guna percepatan penuntasan program vaksinasi nasional di Gedung Olah Raga (GOR) Kisaran, Minggu (27/6/2021).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pemkab Asahan, Elfina Tarigan menjelaskan, kegiatan ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan percepatan vaksinasi guna memutus penyebaran Covid-19.

Elvina menjelaskan, peserta yang mengikuti vaksinasi sebanyak 2.970 dari target awal 2.000 orang. Sementara jumlah yang divaksin hingga pukul 17.00 WIB sebanyak 2.772 orang dan batal 198 orang. Dengan rincian, pelayanan publik sebanyak 1.848 orang, lanjut usia (lansia) 509 orang dan guru 415 orang.

“Dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi melibatkan 153 orang petugas, terdiri dari 25 dokter, 29 vaksinator dan 99 pelaksana,” jelasnya.

Bupati Asahan, Surya mengatakan, vaksinasi massal kali ini  akan menyasar target sebanyak 2.000 orang dari 5 Kecamatan dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke 75.

“Kita pastikan pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan protokol kesehatan (prokes), memakai masker dan menjaga jarak. Harapannya agar masyarakat lebih peduli dengan vaksinasi untuk peningkatan imun dan kekebalan tubuh,” sebutnya.

Surya mengatakan, ini guna mengurangi resiko terinfeksi Covid-19. “Mari kita  sosialisasikan ke seluruh masyarakatKabupaten Asahan agar mengikuti vaksinasi ini,” ajaknya.

Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto menjelaskan, kegiatan ini sebagai upaya untuk mengimplementasikan program vaksinasi satu juta dosis per hari, sebagaimana arahan Presiden Jokowi.

“Makanya kami dari jajaran Kepolisian bergabung dengan TNI dan tpemerintah daerah melaksanakan vaksinasi masal secara serentak,” ujarnya. (Heru)