Satika Simamora Harapkan Peran PKK Desa Ciptakan Lingkungan Sehat

Ketua PKK Taput, Satika Simamora menyerahkan bantuan sembako pada warga Desa Sibaganding.

Taput, Lintangnews.com | Sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Satika Nikson Nababan didampingi Camat Pahae Julu, Yanto Lumbantobing beserta beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para pengurus PKK melakukan pembinaan ke Desa Sibaganding, Kecamatan Pahae Julu, Senin (4/5/2020).

Diketahui Desa Sibaganding merupakan juara I Lomba Desa Percontohan PKK kategori Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2019. Dan tahun 2020 ini menjadi perwakilan Sumut di perlombaan tingkat nasional.

“Semoga perjuangan kita ini mampu mengharumkan nama Kabupaten Taput sampai tingkat nasional. Mari ciptakan lingkungan desa yang bersih sekaligus untuk kesehatan kita, juga terutama mampu mencegah penyebaran Virus Corona. Kita juga tekankan peran seluruh pengurus dan anggota PKK Desa untuk ciptakan lingkungan yang sehat,” kata Satika Simamora saat meninjau kantor PKK Desa Sibaganding untuk memeriksa kelengkapan administrasi.

Dirinya juga memberikan arahan dan pembinaan kepada Kepala Desa (Kades) dan PKK Desa tentang hal-hal yang perlu dibenahi kembali sampai menunggu tim dari pusat melakukan penilaian.

“Kita tetap melakukan pembenahan desa, karena sampai saat ini belum ada surat atau perintah dari pusat kalau Lomba Desa Percontohan dihentikan akibat Covid-19 (Virus Corona),” paparnya.

Istri Bupati Taput ini juga berkeliling untuk melihat kondisi lingkungan Desa dan memberikan himbauan kepada warga yang dikunjungi agar tetap memakai masker apabila keluar rumah, rajin cuci tangan dan disarankan tidak berkumpul kumpul, serta paling utama menerapkan Pola Hidup Besih dan Sehat (PHBS).

Kepada warga yang kurang mampu dan lanjut usia (lansia), Satika juga memberikan bantuan berupa susu dan roti pada anak-anak dan susu bagi lansia. Termasuk menyerahkan sembako yang merupakan sumbangan Kepala Desa (Kades) bersama masyarakat sekitar.

“PKK selaku mitra pemerintah turut membantu membina desa-desa percontohan untuk memotivasi supaya tetap semangat di tengah pandemi ini. Semoga bentuk perhatian itu bisa membantu kesusahan warga di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” ucap Satika. (Pembela)