Satu Unit Rumah dan Kantor Lurah Pasar Sarulla Ludes Terbakar

Kobaran api di lokasi kejadian.

Taput, Lintangnews.com | Kantor Lurah Pasar Sarulla, Kecamatan Pahae Jae, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) harus pindah tempat sementara untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

Pasalnya selain kantor Lurah, 1 unit bangunan rumah milik warga almarhum Benson Gultom yang sudah kosong ikut hangus terbakar.

Peristiwa kebakaran itu terjadi, Rabu (22/7/2020) sekira pukul 01.15 WIB dini hari. Dan api pun dapat dipadamkan sekira pukul 02.30 WIB.

Kapolres Taput, AKBP Jonner Samosir melalui Kasubbag Humas, Aiptu W Baringbing membenarkan peristiwa tersebut.

“Tim identifikasi sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memeriksa saksi-saksi atas peristiwa tersebut,” sebut Aiptu W Baringbing.

Dari keterangan yang dihimpun, sumber api berasal dari kantor Lurah, lalu merembes ke rumah warga. Diketahui kantor Lurah berdekatan dengan rumah yang masih semi permanen.

Kondisi kantor Lurah Pasar Sarulla.

Yang pertama sekali mengetahui kejadian itu warga sekitar yaitu, Tony Simanullang (50) dan Jerry Panjaitan (39).

Kedua saksi melihat kalau api keluar dari kantor Lurah dan meminta tolong pada warga lain. Saat kedua saksi meminta tolong, warga sekitar pun sudah lelap tidur dan api pun cepat membesar. Ini dikarenakan bagunan kantor lurah dan rumah tersebut pun masih semi permanen.

“Warga sekitar pun tidak sanggup memadamkan api. Lalu menghubungi petugas pemadam kebakaran (damkar) di Pahae Jae. Sekitar 1 jam 45 menit, warga bekerja sama dengan Polsek Pahae Jae dan damkar, akhirnya api dapat dipadamkan,” ujar Aiptu W Baringbing.

Akibat peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil diperkirakan sebesar Rp 100 juta.

Untuk memastikan penyebab kebakaran, petugas masih melakukan penyelidikan hingga saat ini. (Gihon)