Sebelum Bebas, Warga Binaan Rutan Balige Tes Narkoba

Sembilan orang warga binaan Rutan Balige yang mengikuti tes urine.

Tobasa, Lintangnews.com | Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melaksanakan tes urine kepada pegawai dan Warga Binaan Permasyarakatan (WBP), Jumat (22/2/2019).

Kegiatan hari itu khusus bagi 9 orang warga binaan yang mengikuti program Pembebasan Bersyarat (PB).

Kepala Rutan (Karutan) Balige Kelas II B, Leonard Silalahi mengatakan, adanya tes urine kepada pegawai Lapas dan khusus bagi warga binaan, sehingga bisa mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba. Baik di kalangan pegawai atau pun warga binaan.

“Ini sekaligus menjadi upaya preventif untuk menciptakan lingkungan Lapas yang bersih dari narkoba dan dalam rangka program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Rutan atau Lapas,” sebut Leo.

Menurutnya, jika ada yang positif, maka mereka serahkan ke pimpinan untuk proses sesuai Standard Operational Procedural (SOP) di lingkungan kerja.

Hal ini sebagai langkah awal supaya ada bentuk peringatan dan pembinaan, tentunya dengan harapan tidak terjadi penyalahgunaan narkoba di lingkungan kerja, serta terciptanya lingkungan Rutan yang bersih dari narkoba dapat terwujud.

Dari hasil tes urine terhadap warga binaan yang hendak bebas, diketahui seluruhnya negatif dan inilah harapan semua pihak. Apabila keluar nantinya dari binaan Rutan Balige, mereka bisa berhasil dan tidak mengulangi kebiasaan buruk yang merugikan diri sendiri dan keluarga.

“Rutan Balige terus bekerja optimal untuk kepentingan warga binaan dan keluarga binaan tanpa ada kutipan dan tekanan. Kami juga mohon dukungan bersama dari segala kekurangan,” sebut Leo.

Menurutnya, pengusulan program PB kepada 9 orang WBP Rutan Balige, sehubungan mereka berbuat baik dan mengikuti aturan.

Sementara remisi adalah pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana (napi) yang telah berkelakuan baik selama menjalani pidana. Dan sebelum keluar, mereka wajib mengikuti tes narkoba yang hasilnya semuanya negatif. (purba)