FMPPS Himbau Caleg Berkampanye di Media Berisikan Konten Positif

Sekretaris FMPPS, Marjo Situmorang.

Siantar, Lintangnews.com | Memasuki bulan kampanye melalui siaran televisi, radio dan media lainnya dimulai tanggal 24 Maret 2019 sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018.

Sekretaris Forum Masyarakat Peduli Penyiaran Sehat (FMPPS) Kabupaten Simalungun, Marjo Situmorang menghimbau kepada pimpinan radio dan televisi di daerah itu agar tetap mengacu pada peraturan PKPU dan Undang-Undang (UU) Penyiaran.

Marjo menjelaskan, yang ditawarkan setiap para Calon Legislatif (Caleg) harus mengandung isi yang mendidik kepada masyarakat, tidak mengandung unsur provokasi Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA).

“Sehingga dalam berkampanye di media televisi, radio dan media lainnya dapat menyejukkan hati para pemilih untuk bersikap objektif dalam menentukan pilihannya,” jelas Marjo, Senin (4/3/2019).

Marjo juga mengharapkan, jika ada talk show di radio agar data-datanya dilengkapi, bukan berdasarkan opini melainkan berdasarkan data. Apakah itu data dari media online maupun media cetak tetap diutarakan oleh narasumber (Caleg) sebagai bahan pertimbangan para pendengar apakah dapat dipercaya atau tidak. “Sehingga kita terhindar dari berita-berita hoax,” ucap Marjo.

Demi terciptanya penyiaran yang sehat, pihak FMPPS menyampaikan agar seluruh konten yang disajikian para Caleg dalam berkampanye di media televisi, radio, media cetak dan media online yang dimulai tanggal 24 Maret 2019 agar berisikan konten yang menyejukan dan mendidik masyarakat.

“Jika masih ada nantinya konten yang mengandung unsur SARA, maka kami sebagai pengurus FMPSS akan menindak lanjuti sebagaimana peraturan dan perundang yang berlaku,” sebut Marjo mengakhiri. (irfan)