Serahkan ZIS, Ini Disampaikan Plt Bupati Asahan pada ASN 

Plt Bupati, Surya saat menyerahkan ZIS nya kepada pengurus Baznas Kabupaten Asahan.

Asahan, Lintangnews.com | Pemkab Asahan melakukan pengumpulan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Ramadhan 1440 H/2019 M mencapai sebesar Rp 20.868.893.000.

Ketua Baznas Kabupaten Asahan, Ansaari Margolang mengatakan, jika dibandingkan tahun lalu, pengumpulan ZIS tahun ini ada penurunan sebesar 0.005 persen atau Rp 4 juta.

“Malam hari ini pengumpulan ZIS berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Asahan, dengan jumlah uang sebesar Rp 729.035.000 dan hutang pernyataan Rp 75.000.000. Kita juga akan membentuk unit pengumpul zakat di tingkat Kecamatan dan Kelurahan, dengan tujuan mempermudah warga yang ingin menyalurkan ZIS nya melalui Baznas,” ujar Margolang di pendopo rumah dinas Bupati pada acara buka puasa bersama, sekaligus pengumpulan ZIS Kabupaten Asahan, Rabu (28/5/2019).

Margolang mengatakan, ZIS yang sudah terkumpul nantinya disalurkan sesuai dengan peruntukannya dan akan tepat sasaran.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, Surya mengatakan, zakat merupakan kewajiban bagi umat muslim dan merupakan ibadah bagi mereka yang memiliki harta.

“Zakat harus dikeluarkan, namun ada aturannya sesuai dengan dimensi sosial, dengan tujuan menolong sesama yang belum berkecukupan,” ujar Surya.

Plt Bupati juga mengatakan, sejak tahun 2011 telah mengintruksikan kepada ASN di Pemkab Asahan memberikan atau mengeluarkan infaq dan sedekah dari penghasilam propesi untuk disalurkan langsung kepada Baznas setempat.

“Saya berharap agar ASN mengeluarkan infaq dan sedekahnya melalui Baznas,” ujar Surya.

Acara buka pusa bersama sekaligus pengumpulan ZIS itu juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua MUI, Ketua Imtaq, OPD, para Camat dan pengurus Baznas Asahan. (heru)