Tahun 2009-2019, Pemko Tebingtinggi Kucurkan Penyertaan Modal PDAM Tirta Bulian Rp 58 M

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Ternyata ada sebesar Rp 58.266.442.291 yang dikucurkan anggaran untuk alokasi penyertaan modal PDAM Tirta Bulian Kota Tebingtinggi dalam kurun waktu tahun 2009 sampai 2019.

Hal ini dilihat dari nota jawaban Wali Kota atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2019, pada sidang paripurna DPRD yang dipimpin Ketua DPRD, Basyaruddin Nasution, Selasa (9/6/2020).

Sebelumnya, Fraksi Nurani Kebangsaan DPRD Tebingtinggi mempertanyakan dan mengkritisi laporan keuangan PDAM Tirta Bulian tahun 2020 dan penyertaan modal yang diberikan pada tahun-tahun sebelumnya. Ini mulai tahun 2009 sampai 2020 dan tidak pernah melaporkannya ke Pemko Tebingtinggi.

Dalam jawaban Wali Kota yang disampaikan Wakil Wali Kota, Oki Doni Siregar disebutkan, pada tahun 2009 sampai 2019 ada dialokasikan penyertaan modal untuk PDAM Tirta Bulian sebesar Rp 58 miliar lebih. Namun, untuk tahun 2020 belum ada, apa lagi yang dibahas adalah anggaran tahun 2019.

Penyertaan modal yang dialokasikan sebesar Rp 58 miliar ke PDAM Tirta Bulian menjadi bahan perbincangan di tengah-tengah masyarakat Tebingtinggi.

Pasalnya, sampai saat ini kondisi PDAM Tirta Bulian dalam kondisi ‘sakit’ dan ouput belum bisa dirasakan masyarakat. Bahkan air yang dikirim ke pelanggan kian parah.

Menyikapi penyertaan modal itu, Rabu (10/6/2020) mencoba menelusuri berapa setiap tahunnya penyertaan modal yang dialokasikan ke PDAM Tirta Bulian hingga tahun 2019 dan apa saja hasil dari penyertaan modal tersebut.

Dirut PDAM Tirta Bulian, Khoiruddin saat dikonfirmasi di ruangannya, juga bingung dan kurang mengetahui berapa anggaran penyertaan modal yang dialokasikan ke PDAM Tirta Bulian setiap tahunnya. Termasuk anggaran penyertaan modal itu bersumber dari mana.

Sementara Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPK PAD) Pemko Tebingtinggi, Jeffri Sembiring yang dihubungi juga tidak berhasil dimintai konfirmasi seputar penyertaan modal itu.

Sebagai informasi dan diketahui masyarakat penyertaan modal dikucurkan ke PDAM Tirta Bulian mulai tahun 2009-2019. Salah satu Dirut PDAM Tirta Bulian yang menjabat paling lama saat itu adalah Oki Doni Siregar yang saat ini menjadi Wakil Wali Kota Tebingtinggi. (Purba)