Target PAD Retribusi Parkir di Asahan Naik 300 Persen 

Ilustrasi.

Asahan, Lintangnews.com | Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir di Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Asahan pada tahun  2018 hanya Rp 318 juta dan kini naik untuk di tahun 2019 menjadi Rp 1 miliar.

Kenaikan PAD dari retribusi parkir itu dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub), M Yusuf Lubis. “Untuk tahun ini target kita naik sampai 300 persen lebih. Namun kita tetap optimis dengan target retribusi parkir yang sudah ditentukan itu,” ujarnya, Kamis (31/1/2019).

Yusuf mengatakan, Pemkab Asahan telah menaikan retribusi parkir roda 2 menjadi Rp 1.000 per kendaraan. Sedangkan untuk jenis kendaraan roda 4 dari Rp 1.000 menjadi Rp 2.000.

Lanjut Yusuf, adanya penambahan ruas jalan sehingga potensi pengutipan retribusi bertambah lalu untuk juru parkir (jukir) juga telah ditempatkan di lokasi yang telah ditentukan.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin dan doakan saja semoga PAD ini bisa dipenuhi dan tercapai,” ujarnya.

Sekretaris Dishub, Rahmat Halim menambahkan, ada 2 jenis retribusi di dinas mereka. Selain berasal dari retribusi parkir, ada juga retribusi pengujian berkala kendaraan bermotor. Untuk pengujian berkala tahun 2019 ditargetkan menjadi sebesar Rp 400 juta, yang sebelumnya Rp 280 juta.

“Semaksimal mungkin kita akan berusaha untuk mencapai target yang telah ditentukan,” ucap Halim. (heru)