Terima Reward Komnas Perlindungan Anak, Ini Disampaikan Kasat Reskrim Polres Asahan

Kasat Reskrim Polres Asahan, AKP Rahmadani saat menerima reward dari Komnas Perlindungan Anak.

Asahan, Lintangnews.com | Polres Asahan terima reward dan penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA).

Reward diberikan berkat respon cepat penanganan kasus anak di wilayah hukum (wilkum) Polres Asahan.

“Ada 10 Polres di jajaran Polda Sumatera Utara (Poldasu) yang mendapat reward, diantaranya Polres Asahan. Pemberian reward dilaksanakan di Poldasu yang dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen), Danang Sasongko mewakili Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait. Dalam acara urun rembuk memutus mata rantai kekerasan terhadap anak,” ujar Kasat Reskrim, AKP Rahmadani, Kamis (4/2/2021).

Reward diberikan kepada Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Kasat Reskrim AKP Rahmadani dan Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), Ipda Rospita Nainggolan.

Kegiatan dibuka oleh Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin diwakili Wadir Dirkrimum, AKBP Faisal Napitupulu dalam sambutannya mengatakan, anak adalah aset untuk bangsa.

“Karena itu perlu dijaga demi berlangsungnya masa depan negara dari tindak kejahatan. Kejahatan terhadap anak merupakan kejahatan yang masuk dalam kategori extra ordinary crime (luar biasa),” sebut AKBP Faisal.

Ketua Komnas PA diwakili Danang Sasongko pada sambutanya menyebutkan, hal yang sama yakni anak merupakan aset negara yang harus dijaga. Tidak hanya itu, anak juga harus dirawat dan diperhatikan agar terhindar dari kejahatan.

“Karenanya mari beri perhatian khusus kepada anak, apalagi pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 70 tahun 2020 yang memberikan hukuman kebiri kimia kepada pelaku kejahatan seksual terhadap anak,” katanya.

Danang menuturkan, jika anak dijaga dan dirawat akan tercipta generasi emas yaitu anak bangsa yang sehat, kuat dan cerdas. “Apabila ini terwujud, bangsa dan negara kita menjadi kuat,” sebutnya.

AKP Rahmadani menambahkan, pada kegiatan itu, Komnas PA menitipkan harapan kepada Polres Asahan untuk terus menjalankan tugas dan pengabdian sebagai anggota Polri yang berintegritas. (Heru)