Tidak Terbukti Mencuri dan Menganiaya, 2 Warga Parluasan Dinyatakan Bebas

Kedua terdakwa ketika digiring oleh petugas menuju ke sel tahanan.

Siantar, Lintangnews.com | Tidak terbukti melakukan pencurian dan penganiayaan, 2 orang terdakwa Manson Sitorus dan Andi Goklas dinyatakan bebas oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Kamis (2/5/2019).

“Menjuhkan vonis bebas terhadap kedua terdakwa Manson Sitorus dan terdakwa Andi Goklas, karena terdakwa tidak terbukti secara sah meyakinkan bersalah melanggar pasal 365 KUHPidana,” ucap Ketua Majelis Hakim, Rosihan Zuhriah Rangkuti.

Selain itu, majelis hakim juga menyatakan, barang bukti berupa 1 bilah parang dengan ukuran sekitar 54 cm dengan sarung parang yang terbuat dari bahan kayu, dan 1 buah obeng dikembalikan kepada terdakwa.

Mendengar vonis bebas yang diberikan majelis hakim terhadap kedua terdakwa, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Samuel Sinaga langsung menyatakan akan melakukan kasasi.

Sebelumnya, kedua terdakwa telah dituntut JPU Samuel Sinaga selama 3 tahun, dan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah telah melakukan tindak pidana ‘pencurian terdahulu, disertai diikuti dengan kekerasan’, sebagaimana dimaksud dalam pasal 365 ayat (2) ke-2e KUHPidana.

Saat kedua terdakwa keluar dari ruang sidang terlihat gembira dan menangis sampai berteriak dengan kata kata ‘kami bebas’ sembari berpelukan.

Ketika wartawan menanyakan bagaimana perasaan mereka (kedua terdakwa) setelah divonis bebas, Manson mengaku, senang dan bisa berkumpul dengan keluarga.

“Senang kali lah bang, karena divonis bebas, jadi bisa kumpul dengan keluarga dan melihat anak saya lagi,” ungkap warga Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar Utara ini. (res)