Usai Dilantik, Pengurus PKK Simalungun Laksanakan Rakerda Tahun 2021

Ketua PKK Kabupaten Simalungun, Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga

Simalungun, Lintangnews.com | Pasca dilantik, pengurus TP PKK Kabupaten Simalungun masa bhakti 2021-2024, langsung menyusun program kerja melalui pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2021, bertempat di objek wisata Bukit Indah Simarjarunjung (BIS), Kecamatan Dolok Pardamean, Kamis (10/6/2021).

Ketua PKK Kabupaten Simalungun, Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan, tujuan dilaksanakan rakerda antara lain untuk menyatukan visi dan misi dalam menjalankan 10 program pokok PKK, dalam rangka mendukung visi misi Pemkab Simalungun mewujudkan kemajuan dan mensejahterakan masyarakat.

“Kita harus kerja keras, mengingat pengurus PKK saat ini mengawali kegiatannya hampir pada pertengahan tahun. Jangan surut semangat kerja kita, mari susun kegiatan-kegiatan seperti yang tercermin dalam 10 program pokok PKK yang bersinergi dengan program Pemkab Simalungun,” kata Ratnawati.

Kepada seluruh anggota PKK, Ratnawati berharap, agar dapat menjadi motivator, fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak untuk melakukan pembinaan terhadap PKK kecamatan, Desa sampai Huta dan dasa wisma, sehingga keberhasilan sebuah keluarga dapat terwujud melalui 10 program pokok PKK.

“Mari kita rumuskan program strategis dan inovatif untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. Mari kita saling mendukung satu dengan yang lainnya,” sebut Ratnawati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (PMPN) Pemkab Simalungun, Sarimuda Purba menyampaikan, rakerda merupakan wahana strategis untuk mengevaluasi program dan kegiagan yang telah terlaksana sebelumnya. Dengan harapan program dan kegiatan kedepannya akan lebih efektif, tepat arah dan sasaran.

“Program dan kegiatan PKK kiranya dapat menyentuh dan mengakomodasi aspirasi para kader yaitu PKK Kecamatan, Nagori atau Desa dan dasa wisma,” kata Sarimuda.

Rakerda itu menghadirkan nara sumber dari PKK Provinsi Sumatera Utara, memaparkan berbagai program kerja PKK yang perlu untuk dilaksanakan dalam menjalankan 10 program pokok PKK.

“Yang paling penting hasil dari rakerda ini bisa dibawa ke musrenbang dan dipresentasikan seluruh program yang akan dilaksanakan termasuk anggaran dibutuhkan untuk mendukung suksesnya program kerja yang telah disusun,” kata M Nirman Nasution selaku Sekretaris PKK Sumut.

Dalam kesempatan itu, Deliana sebagai Ketua Pokja IV TP PKK Sumut memaparkan program kerja di pokja IV yang meliputi kesehatan, pelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

Rakerda yang dihadiri undangan terbatas itu di antaranya, Kepala Dinas Sosial Mudahalam Purba, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA), Hormauli Purba dan para pengurus PKK Simalungun dengan menjalankan protokol kesehatan (prokes). (Rel/Zai)