Usut Pembongkaran Fasilitas Umum Saluran Air Milik TPI Pemprovsu di Haranggaol Horison

Saluran air TPI milik Pemprovsu di Haranggaol Horisan yang diduga dibongkar oknum pengusaha.

Simalungun, Lintangnews.com | Fasilitas umum saluran air di area Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Haranggaol Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun dibongkar oknum pengusaha di daerah itu.

Hal itu dibeberkan salah seorang warga yang minta namanya dirahasiakan, Minggu (27/10/2019).

“TPI itu kami ketahui bangunan milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu). Namun ada oknum pengusaha yang kami duga berusaha menguasai lahan tersebut,” bebernya.

Menurutnya, pembongkaran terhadap saluran air milik TPI itu sudah melanggar aturan hukum yang berlaku. Mengingat itu adalah dermaga milik pemerintah.  “Itu ada di pasal 406 ayat 1. Disebutkan, barang siapa dengan sengaja melawan hukum dan menghancurkan diancam pidana dan denda,” bilangnya.

Dikatakan, sejumlah warga Kecamatan Haranggaol Horison sekira 2 pekanan lalu ada mengkonfirmasi Ruslan Sitepu selaku Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Pemkab Simalungun.

Sebab sebelumnya warga mengetahui jika Ruslan sebagai fasilitator pembangunan TPI dihunjuk Pemkab Simalungun saat itu. Disebutkan juga, meskipun pengusaha berdalih memperoleh ijin membongkar dari Camat sebelumnya, hal itu tidak boleh dibongkar. Ini karena bangunan itu milik pemerintah.

“Kami berharap agar Pemkab Simalungun meninjau dan melaporkan oknum pengusaha yang membongkar saluran air milik TPI itu,” imbuhnya.

Hingga berita ini diterbitkan, Camat Haranggaol Horison, maupun oknum pengusaha yang dimaksud warga itu belum dimintai keterangan lebih lanjut. (Zai)