Wabup Simalungun Serahkan Beasiswa pada Anak Ahli Waris Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldi menyerahkan beasiswa pada anak ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Simalungun, Lintangnews.com | Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldi menyerahkan manfaat beasiswa kepada anak ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan, bertempat di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Pamatang Raya, Selasa (11/5/2021).

Dalam kegiatan penyerahaan ini, pihak BPJS Ketenagakerjaan menghadirkan sebanyak 12 orang anak terdiri dari 2 orang tingkat TK, 1 orang tingkat SD, 3 orang tingkat SMP, 3 orang tingkat SMA dan 3 orang tingkat perguruan tinggi. Keseluruhannya merupakan anak dari 10 orang tenaga kerja yang meninggal dunia.

Masing-masing anak menerima sebesar Rp 1,5 juta untuk tingkat TK dan SD, SMP Rp 2 juta, SMA Rp 3 juta dan perguruan tinggi Rp 12 juta per tahun.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pematangsiantar, Andi Widya Leksana mengatakan, jumlah manfaat beasiswa yang telah disalurkan kepada anak ahli waris pekerja di wilayah Kabupaten Simalungun sebanyak 105 anak, dengan total nilai uang sebesar Rp 626.000.000.

Menurutnya, beasiswa pendidikan anak diberikan pada ahli waris peserta yang mengalami risiko meninggal dunia kecelakaan kerja yang berdampak cacat total tetap atau meninggal dunia.

Manfaat beasiswa ini diberikan untuk 2 orang anak dengan nilai maksimal Rp 174 juta, mulai dari TK hingga jenjang pendidikan Strata Satu (S1). Ada pun kriteria anak yang dapat menerima beasiswa dinyatakan belum bekerja, belum menikah dan di bawah usia 23 tahun.

“Beasiswa pendidikan ini menegaskan program jaminan sosial tidak hanya memberi manfaat kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan, namun juga bagi keluarganya. Ini menunjukkan negara hadir untuk masyarakat,” ujar Andi.

Wakil Bupati, Zonny Waldi menyampaikan, Pemkab Simalungin menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya orang tua tercinta dari para ahli waris.

“Doa kami orang yang kita cintai, oleh Allah SWT diterima dengan baik dan dimasukkan ke dalam surganya Allah,” imbuhnya.

Selanjutnya Zonny Waldi meminta kepada para penerima beasiswa, agar bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk keperluan pendidikan bagi anak-anak dan jangan gunakan hal tidak produktif.

“Kepada instansi terkait agar program ini diperluas sampai ke tenaga honor di Pemkab Simalungun. Karena program ini sangat membantu bagi masyarakat terutama untuk biaya pendidikan anak-anak mereka. Mari kita dukung program ini untuk membantu masyarakat, sehingga orang-orang yang bekerja di Simalungun mendapat perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Kepada para orang tua, Wakil Bupati berpesan agar mendidik anak-anak dengan baik, sehingga mereka kelak menajadi generasi penerus bangsa yang memiliki akhlak mulia, sehat cerdas dan mampu bersaing dengan negara lain. (Zai)