Wali Kota Buka Raker Dekranasda Tebingtinggi

Pelaksanaan raker Dekranasda Tebingtinggi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan dalam hal ini diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, M Dimiyathi membuka secara resmi rapat kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tebingtinggi, Selasa (5/3/2019) bertempat di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Jalan Gunung Lauser.

Hadir dalam acara itu, pengurus Dekranas, Kadispora, Kadis PDMK, Kadis Ketenagakerjaan dan Perindustrian, Pimpinan Cabang Bank Sumut Tebingtinggi dan para pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM).

Dalam sambutannya, Dimiyathi mengataka, dalam rapat kerja ini mengharapkan output di akhir kegiatan. Di mana adanya rencana program dari hasil rapat kerja Dekranasda ini dan tidak larut begitu saja.

“Ini sangat penting kita lakukan, karena menurut Undang-Undang (UU) Otonomi Daerah, populasi usaha kecil dan menengah itu menjadi urusan wajib pemerintah daerah,” sebutnya.

Kepada para peserta melalui Dekranasda ini, Dimiyathi berharap mampu untuk membangkitkan lapangan kerja UMK, khususnya di lini sektor Pemerintah melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Pemko Tebingtinggi.

“Kepada Kadis Ketenagakerjaan dan Perindustrian agar nantinya menyusun program-program termasuk hasil output dari raker Dekranasda. Bagaimana kita bisa menekan angka pengangguran, membuka lapangan kerja baru dan berharap masyarakat Tebingtinggi ini bukan jiwa karyawan, tetapi entrepreneur (jiwa wirausaha),” sebutnya.

Dimiyathi menuturkan, di zaman millennial, berjualan tidak lagi memerlukan tempat atau pun bangunan untuk berjualan. Saat ini orang berjualan secara online yang tidak memerlukan tempat untuk berjualan dan promosinya pun juga secara online.

“Maka dari itu kepada para pelaku UKM diajak untuk menjadikan toko berjalan yaitu toko yang berada di genggaman tangan,” sebutnya.

Dirinya juga meminta kepada para pelaku UKM agar menjadi promotor di dalam membuka lapangan pekerjaan yang baru.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Sumut Tebingtinggi dan sertifkasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) kepada pelaku UKM. (purba)