Wali Kota : Di Era Digital Dinas Perpustakaan dan Arsip harus Berbenah dan Berinovasi

Wali Kota Siantar melalui Asisten II, M Akhir Harahap saat menyerahkan piala pada para pemenang.

Siantar, Lintangnews.com | Untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi pembaca di era digital yang serba cepat saat ini, Dinas Perpustakaan dan Arsip Siantar harus berbenah dan berinovasi.

Hal itu disampaikan Wali Kota Hefriansyah melalui Asisten II, M Akhir Harahap saat penyerahan hadiah kepada pemenang lomba perpustakaan terbaik tingkat Kota Siantar dengan kategori tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Kelurahan sebagai bentuk apresiasi Pemko Siantar kepada pengelola perpustakaan yang digelar di Lapangan Parkir Pariwisata.

Dalam pidato Wali Kota yang dibacakan Asisten II diterangkan, perpustakaan adalah bagian integral dari pembelajaran yang berfungsi sebagai sumber belajar, pusat kegiatan belajar, pusat penelitian, serta tempat rekreasi intelektual bagi peserta didik dan tenaga kependikan dalam mendukung tercapainya pendidikan bermutu dan berkualitas.

“Selain di sekolah, perpustakaan juga telah berdiri di Kelurahan yang berfungsi melayani penyediaan informasi dan bahan bacaan bagi masyarakat. Ini mengingat pentingnya peran perpustakaan bagi kemajuan pendidikan, sehingga kepada semua pihak untuk berperan serta terhadap kemajuan perpustakaan,” sebut Wali Kota.

Foto bersama dengan para pemenang.

Dirinya meminta kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip untuk terus berbenah dan berinovasi menciptakan suasana yang menyenangkan bagi masyarakat di era digital, sehingga model dan bentuk layanan perpustakan berbasis Teknologi Informasi (TI) dapat segera diterapkan.

Sementara itu dalam laporannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Neslianita Sinaga mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan semangat para pengelola dan pembina perpustakaan di sekolah dan Kelurahan.

“Ini agar dapat meningkatkan layanan perpustakaan yang lebih profesional, bermutu dan mengajak masyarakat untuk menanamkan budaya gemar membaca,” kata Neslianita.

Pemenang lomba perpustakaan terbaik untuk kategori SD yaitu, SD Yayasan Pendidikan Keluarga, SMP Cinta Rakyat 1 kategori SMP dan Kelurahan Kristen untuk kategori Kelurahan.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Utara, Ferlin Naingolan sekaligus sebagai Ketua Tim Juri. (elisbet)