Warga Bagan Serdang Ikut Latihan Fardhu Kifayah

Kades Bagan Serdang, Imran ikut memperhatikan cara mandikan mayat.

Deliserdang, Lintangnews.com | Sebanyak 60 orang warga yang terdiri dari perempuan dan laki-laki di Desa Bagan Serdang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang ikut pelatihan cara memandikan mayat (fardhu kifayah).

Kegiatan yang diadakan Kepala Desa (Kades) Bagan Serdang, Imran, Jumat (24/5/2019) itu bertempat di Aula Desa setempat.

Imran mengatakan, pelatihan memandikan mayit ini sudah menjadi agenda program Desa Bagan Serdang yang dananya bersumber dari anggaran dana desa tahun 2019.

“Tujuan pelatihan ini kami lakukan untuk regenerasi para petugas mandikan mayat atau bilal mayit di desa ini yang sudah tua. Selama ini para petugas bilal mayit di desa kebanyakan sudah berumur,” paparnya.

Para warga mengikuti pelatihan cara mandikan mayat.

Dia mengatakan, dengan pelatihan cara mandikan mayit ini akan tumbuh semangat para usia muda mau menjadi petugas bilal mayit yang sangat mulia. Harapan Imran, semoga warga  dapat memanfaatkan pelatihan ini agar nantinya bila ada kemalangan di Desa Bagan Serdang bisa segera melaksanakan fardhu kifayah.

Salah seorang peserta muda, Adi Darma (30) mengatakan, atas kemauannya ikut pelatihan menjadi bilal mayit ini semata-mata ingin melakukan regenerasi atau mengantikan yang sudah pada uzur.

Dalam pelatihan itu, 4 orang guru pengajar terdiri dari guru bilal mayit laki-laki dan perempuan mengajarkan tata cara memandikan, membersihkan dan mengkafani mayat. (idris)