Warga Harapkan Pejabat Provinsi Hadir di Hari Jadi Tobasa, Ini Alasannya

Kondisi badan Jalinsum di Tobasa yang kupak-kapik.

Tobasa, Lintangnews.com | Harapan warga Kecamatan Habinsaran, Borbor dan Nassau (Habornas) agar para pejabat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) hadir di Hari Jadi Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) ke 20.

Tujuannya supaya kondisi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang kupak-kapik diperbaiki. Pasalnya, kondisi badan jalan sangat memprihatinkan.

Salah seorang pengunjung, B Tampubolon yang sengaja datang melihat gotong royong, persiapan Hari Jadi Tobasa di Habornas merasa kesal dengan jalan yang dipenuhi lubang, sehingga dirinya was-was jika ban mobil yang ditumpangi nantinya pecah.

“Jika saya tau kondisi Jalinsum menuju Habornas seperti ini parahnya, akan berpikir 10 kali untuk datang melihat persiapan Hari Jadi Tobasa. Tetapi apa boleh buat, kepalang basah terpaksa dilanjutkan saja, apapun resikonya,” terang Tampubolon, Sabtu (2/3/2019).

Salah seorang warga, T Simanjuntak juga menilai, tidak layak kondisi jalan provinsi menuju 3 Kecamatan Habornas itu.

“Belasan kilometer jalan menuju wilayah Habornas, mulai dari Kecamatan Silaen hingga perbatasan dipenuhi lubang,” sebutnya.

Menurutnya, tidak hanya lubang yang menganga di sepanjang Jalinsum. Tetapi banyak juga badan jalan memungkinkan terjadi longsor, sebab berada di tepi jurang.
Simanjuntak juga menilai, ada baiknya juga pelaksanaan Hari Jadi Tobasa ke 20 digelar di Habornas.

“Semoga saja, pihak Pemkab Tobasa mengundang pejabat Provinsi dan dapat hadir di Hari Jadi nanti,” tukasnya.

Dirinya berharap, dengan hadirnya pihak Pemprovsu dan melintasi jalan itu, maka kemungkinan akan membuka hati untuk memuluskan Jalinsum menuju Habornas. (asri)