Warga Huta Toruan V Tarutung Keluhkan Kualitas Pengaspalan Jalan Terkesan Asal Jadi

Proyek pengaspalan Jalan Pontas Lumban Tobing, Kelurahan Huta Toruan V.

Taput, Lintangnews.com | Pengaspalan Jalan Pontas Lumban Tobing, Kelurahan Huta Toruan V, Kecamatan Tarutung, Warga Huta Toruan V Tarutung Keluhkan Kualitas Pengaspalan Jalan Terkesan Asal Jadi (Taput) dikhawatirkan kualitasnya, karena pengerjaannya terkesan asal jadi.

Warga yang tidak mau disebut namanya, Rabu (7/10/2020), jika pengaspalan jalan diduga asal jadi. Buktinya, dalam tahap pembangunan tidak ada dilakukan pengkorekan, melainkan langsung disiram aspal.

“Banyak juga ketika jalan masih bagus itu sama sekali tak disiram aspal. Jadi kalau hujan datang seminggu ini dikwatirkan jalan ini sudah hancur lagi,” ujar salah seorang warga yang tinggal di lokasi pembangunan jalan, Rabu (7/10/2020).

Lurah Huta Toruan V, Yudi Hutagaol menjelaskan, sudah memeringatkan pihak kontraktor atau rekanan secara lisan, namun sampai saat ini belum ada perbaikan.

Plang proyek pengaspalan Jalan Pontas Lumban Tobing, Kelurahan Huta Toruan V.

“Kita konfirmasi kepada pihak pengawas yang kebetulan diperbantukan ke Kelurahan Huta Toruan V, karena memang tidak ada yang ahli dalam bidang itu. Makanya kita dibantu dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Taput. Tetapi jawabannya, kalau tidak puas silahkan buat surat resmi ke kantor Dinas PUPR. Karena kita tak tau, terpaksa diam saja,” ujar Yudi.

Camat Tarutung, Renghat Lumban Tobing, sebagai penanggung jawab dana Kelurahan Huta Toruan V menegaskan, akan memanggil pihak terkait termasuk pengawas proyek dimaksud.

“Tujuannya agar proyek diperbaiki sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang ada. Jika tidak diindahkan, kita akan buat surat resmi kepada mereka, karena ini tanggung jawab bersama,” tuturnya. (Gihon)