Warga Nagori Tongah Curigai Pangulu Fiktifkan ADN 2018, Ini Alasannya

Ilustrasi.

Simalungun, Lintangnews.com | Sejumlah warga Nagori Tongah, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun curigai oknum Pangulu Nagori, Panser Haloho fiktifkan Alokasi Dana Nagori (ADN) tahun 2018 silam. Ini karena realisasinya tidak sesuai dengan prinsip pengelolaan ADN/ADD.

Dimana diketahui mereka, pengelolaan keuangan ADN merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengelolaan keuangan Nagori dalam APB Nagori. Dan kegiatan yang didanai ADN direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi secara terbuka dengan melibatkan unsur lembaga kemasyarakatan di Nagori.

“Faktanya di lapangan, tidak berbanding lurus. Sehingga kami menduga ADN 2018 fiktif. Cobalah tanya Pangulu kemana aliran dana ADN tahun 2018. Setau kami tak ada dipergunakan,” ucap warga, Jumat (13/9/2019) melalui telepon selulernya.

Warga ini optimis Pangulu tidak akan menanggapinya. “Kami yakin takkan ditanggapinya upaya konfirmasi bapak. Karena seluruh kegiatan ADN 2018 nagori kami ini tidak dapat dipertanggungjawabkannya secara administrasi, teknis dan hukum,” paparnya.

Terkait dugaan warga ini, Camat Purba, Lince Hotmaida dan Pangulu  Panser Haloho secara kompak tak mau menanggapi konfirmasi yang dilayangkan. Meski konfirmasi WhatsApp (WA) dikirimkan lintangnews.com terkirim dan telah terbaca. (Zai)